Tidak Merokok, Biaya Nikah Gratis

Banyak cara dan upaya pemerintah maupun masyarakat yang anti rokok berusaha menyadarkan masyarakat akan bahaya rokok. Permasalahan rokok memang sepertinya merupakan salah satu permasalahan yang cukup sulit dicarikan solusinya bagi bangsa Indonesia.

Pada saat debat cawapres kemarin, solusi permasalahan rokok sempat ditanyakan kepada para kandidat, dan jawaban kandidat cawapres umumnya masih bersifat normatif.

Keberadaan rokok bagi bangsa Indonesia di satu sisi merugikan, tapi di sisi lain juga menguntungkan, hal ini lah yang menjadikan rokok sebagai salah satu permasalahan yang tidak mudah untuk carikan solusi terbaiknya.

Bahkan ada seloroh dari kalangan perokok, bahwa “merokok dapat merusak kesehatan, tapi tidak merokok dapat merusak perekonomian bangsa…”😀

Mungkin program yang digunakan oleh sebuah lembaga amal di Riyadh, ibu kota Arab Saudi dapat juga diterapkan di Indonesia yaitu membayarkan biaya pernikahan bagi pasangan yang tidak merokok.

Hindari Rokok, Biaya Nikah Gratis

By Republika Newsroom

RIYADH — Sebuah lembaga amal di Riyadh, ibu kota Arab Saudi, muncul dengan gagasan insentif untuk mendorong kaum muda menghentikan merokok yakni membayar semua biaya pernikahan.

Ratusan pria menyatakan tertarik dengan program anti merokok termasuk bukan perokok yang baru mulai dengan kebiasaan barunya sehingga dia akan ikut program ini. Spanduk di Riyadh berbunyi antara lain “Menghentikan kebiasaan merokok tergantung Anda, pernikahan bersama kami.”

Di sebagian besar dunia Arab, calon pengantin pria memikul seluruh beban biaya pernikahan. Lembaga amal Purity menyebutkan, partisipan akan menyelesaikan tujuh hari kursus untuk berhenti merokok. Nama pemenang hadiah utama akan diputuskan dalam undian 6 Agustus. Sebanyak 20 pemenang akan mendapatkan mebel.

BBC dalam laporannya mengatakan, tingginya biaya pernikahan bisa berarti bahwa pria Arab sering menundanya sampai memiliki tabungan cukup untuk mendapatkan pasangan.

Sejumlah pihak di Arab saudi mengkritik kampanye itu dengan menyebutkan kegiatan itu mungkin menurunkan apa yang disebut persatuan suci. Namun juru bicara lembaga amal mengatakan, tujuannya menciptakan keluarga bebas merokok. Diperkirakan sekitar seperempat penduduk Arab Saudi yang mencapai 26,7 juta biasa merokok. ahi

  1. salam,
    tulisan yang bagus, sorry ngikut thread comment ini sbg salam kenal… saya Agus Suhanto

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: