Dimanakah Makam Prabu Kian Santang?

Setelah sekian banyak catatan sejarah yang sudah saya baca dan makam/kuburan yang dianggap sebagai makam Prabu Kian Santang yang sudah saya kunjungi, akan tetapi pertanyaan tersebut [judul di atas] sampai saat ini belum saya temukan jawabannya secara pasti, bahkan semakin banyak saya cari tau, semakin tidak jelas dimanakah makam sebenarnya, Prabu Kian Santang.

Prabu Kian Santang atau Pangeran Walangsungsang atau Sunan Rohmat atau Sunan Godog atau Ki Samadullah atau Abdullah Iman atau Pangeran Cakrabuana atau Hurang Sasakan atau Sri Mangana atau Gagak Lumayung atau Maulana Ifdil Hanafi atau Haji Tan Eng Hoat dilahirkan sekitar tahun 1423 M merupakan anak pertama dari tiga bersaudara yaitu Nyai Rara Santang atau Nyai Hajjah Syarifah Mudhaim lahir sekitar tahun 1426 M dan Raja Sangara lahir sekitar tahun 1428 M. Dari hasil perkawinan antara Prabu Siliwangi dan Nyai Subang Larang atau Nyai Subang Karancang.

Sejarah hidup Prabu Kian Santang juga terdiri dari beberapa versi, akan tetapi sejarah hidup beliau yang paling terkenal terutama oleh kalangan masyarakat Jawa Barat adalah awal mula beliau memeluk agama Islam.

Dalam Babad Godog diceritakan bahwa Kian Santang muda saat itu adalah seorang yang sangat sakti, sampai-sampai beliau tidak pernah melihat darahnya sendiri. Jiwa mudanya yang bergelora membawa beliau berkelana mencari orang yang sanggup mengalahkan beliau sampai beliau dapat melihat darahnya sendiri, hingga pada suatu saat beliau mendengar bahwa di daerah arab ada seorang yang sangat sakti mandra guna. Dengan ilmu ”napak sancang”nya (dapat berjalan di atas air) beliau sampai di wilayah arab dan bertemu dengan orang tua di pinggir pantai, dan singkat cerita mereka bertemu dan berkenalan sehingga orang tua tersebut mengajak beliau ke rumahnya dan orang tua tersebut berjanji akan mempertemukan dengan orang sakti yang dicarinya, dalam perjalanan ke rumah, tongkat orang tua tersebut tertancap dipasir, dan orang tua tersebut meminta bantuan Kian Santang untuk mengambilkannya, akan tetapi walaupuan seluruh ilmu kedigjayaan yang beliau miliki digunakan untuk mencabut tngkat tersebut, tetap saja tongkat tidak dapat diambil, sampai akhirnya keluar darah dari pori-pori tangan kian santang.

Dari kejadian tersebut Kian Santang baru menyadari bahwa orang tua yang bertemu dengannya adalah orang yang dicarinya, orang tua tersebut adalah Syaidina Ali bin Abu Thalib ra., akhirnya beliau pun insyaf atas kesombongannya dan memeluk agama Islam.

Dalam cerita lain pula ada yang menyebutkan bahwa beliau memeluk Islam dibai’at langsung oleh Rasulullah SAW., kedua kisah tersebut jika dirunut berdasarkan periode waktu beliau di lahirkan dengan periode Rasulullah dan para Sahabat sangat terpaut jauh periodenya yaitu sekitar kurang lebih delapan abad. Wallahualam…

Berdasarkan sumber lain di ceritakan pula bahwa beliau sudah memeluk agama Islam sejak kecil/lahir, karena beliau adalah cucu dari Syekh Quro dari karawang, ayah dari ibunya yaitu Nyai Subang Larang. Kemudian beliau belajar agama Islam pada Syekh Datuk Kahfi di Cirebon, dan pergi ke tanah suci untuk melakukan haji sekaligus memperdalam ilmu agama Islam bersama adiknya yaitu Nyai Rara Santang.

Setelah kembali ke tanah Jawa, beliau mendirikan kerajaan Cirebon dan menyebarkan agama Islam, sampai suatu waktu beliau mengajak ayahnya yaitu Prabu Siliwangi untuk memeluk agama Islam, tapi walau pun Prabu Siliwangi sudah menyadari bahwa agama Islam adalah agama yang benar, karena Nyai Subang Larang istri Prabu Siliwangi, Ibunda Kian santang Sendiri adalah seorang muslimah, akan tetapi ayah beliau Prabu Siliwangi belum diberikan hidayah oleh Allah SWT. untuk memeluk agama Islam.

Sampai terjadilah suatu kejadian yang terkenal pula kisahnya dikalangan masyarakat Jawa Barat yaitu kisah dikejar-kejarnya Prabu Siliwangi oleh Kian Santang dan dalam proses pengejaran itu masing-masing menggunakan ilmu ”nurus bumi” yaitu berlari dibawah tanah. Sampai di sebuah hutan di daerah Tasikmalaya Garut yang bernama hutan Sancang mereka bertemu dan bertarung mengadu kesaktian.

Akan tetapi Prabu Siliwangi kalah dalam pertarungan tersebut dan Prabu Siliwangi dengan kebijaksanaanya mempersilahkan pengikutnya untuk mengikuti ajaran Kian Santang, cerita ini termaktub dalam Uga Wangsit Prabu Siliwangi.

Perjalan panjang hidup Kian Santang yang berkelana antara wilayah tatar Sunda dan Cirebon, hal ini lah menjadikan makam beliau ada dimana-mana yaitu diantaranya di komplek pemakamam Gunung Jati – Cirebon, di daerah Godog – Garut – Jawa Barat, di daerah hutan Sancang – Garut – Jawa Barat, dan dibeberapa tempat lainnya. Dan untuk makam asli beliau tidak ada yang tau pasti, tapi jika mengikuti perjalanan sejarah, makam yang berada di komplek pemakaman kesultanan Cirebon yang ada di wilayah Gunung Jati, yang lebih mendekati kebenaranan.

Makam yang berada ditempat lain hanya merupakan suatu simbol yang dibuat oleh masyarakat diwilayah tersebut yang menunjukan bahwa beliau pernah ke wilayah tersebut (patilasan [sunda: bekas singgah]). Hal ini sama seperti makam-makam seorang nabi yang berada di beberapa tempat.

About these ads
    • Adi
    • November 16th, 2007

    Wah. Saya baru tahu legendanya. Mau nanya neh, mas. Boleh ya. Siapakah Haji Sakti Qudratillah ? Siapakah Ki Gentar Bumi dari Cisolok? Thanx

      • gagak prabu
      • Mei 19th, 2010

      bagaimana mas adi sudah tau kah Haji Sakti Qudratillah..?? yg saya tau beliau bernama lengkap syeikh wali haji sakti eyang qudratullah.. beliau merupakan salah satu waliullah..

      • rasid maulana sidiq
      • Juli 28th, 2010

      Haji sakti Qudratullah yaitu seorang syeh yang sederajat dengan auliya,beliau wafat tahun 1998 dan dimakamkan di tegal papak pelabuhan ratu,hubungan dengan ki gentar bumi dari cisolok,menurut sumber yang saya terima abartnya bupati dengan wilayahnya. artinya ki gentar bumi ityu yang pegang wilayah di cisolok,sedang h.s.qudratullah yang memilikinya.h.s qudratullah menanmkan ajaran iman-islam-dan ihsan.

        • hambali
        • Desember 14th, 2010

        stau saya sya syekh wali haji qodratullah wafat tahun 1995, klo 1998 slah atuh………….???
        coz sya yng prnah ziarah ke sana……….,

        • Rista Sari Yusuf Qomara
        • Maret 18th, 2011

        Assalamualaikum..saya cucu dr eyang KHS Qodratullah mau konfirmasi,yg benar beliau wafat di: Jakarta, 6 Desember 1995 ( 13 Rajab 1416 H ),dan di makamkan di Karang Papak Pelabuan Ratu

        • gagakprabu
        • Juni 1st, 2011

        Asalamualaikum

        Rista Sari Yusuf Qomara :
        Assalamualaikum..saya cucu dr eyang KHS Qodratullah mau konfirmasi,yg benar beliau wafat di: Jakarta, 6 Desember 1995 ( 13 Rajab 1416 H ),dan di makamkan di Karang Papak Pelabuan Ratu

        • gagakprabu
        • Juni 1st, 2011

        Asalamualaikum… Teh Rista… Alhamdulillah akhirnya bisa silaturahim disini dgn cucu eyang… kebetulan ayah saya pernah menjadi salah satu murid dari eyang sewaktu eyang mukim di daerah otista.. Insya Allah bisa menjalin silaturahim kembali.. BAROKALLAH

      • wah kmu tau dari siapa soal nya tu msih banyak persi yang meragukan….
        saya tkut salah crita…..
        emang nya u sdah pernah datang ke sana blum

      • aris
      • Oktober 22nd, 2010

      aaaaaaaaaaaaaa die uuuuudik mat sih luw kyaaaaa nak teka jaaaaaaaaaaaaaa
      hahahahahahahahahahahahahahah
      kiding bro

      Adi :
      Wah. Saya baru tahu legendanya. Mau nanya neh, mas. Boleh ya. Siapakah Haji Sakti Qudratillah ? Siapakah Ki Gentar Bumi dari Cisolok? Thanx

      • wah tue saya teu teurang yg saya tau tu masih banyak percis jd saya ga begitu paham……

      • aris
      • Oktober 22nd, 2010

      wah lo ntu mah tanya ja ke siiii evooooi

    • eevooi
    • November 16th, 2007

    Ya tentu boleh dong Mas… terima kasih atas pertanyaanya…
    Sampai saat ini saya belum dapat referensinya Mas…
    Jadi maaf belum bisa jawab pertanyaannya….. :(
    Pertanyaannya buat PR saya dulu, Insya Allah kalau saya dapat referensinya, saya sampaikan di blog ini…
    Kalau Mas Adi dapat referensinya duluan boleh dong di share… :)

    • Budi
    • Desember 7th, 2007

    Berdasarkan sejarah Bogor, pernikahan Prabu Siliwangi dengan Subang Larang memperoleh tiga orang anak, masing-masing: Walangsungsang, Lara santang dan Kian Santang. Jadi Walangsungsang bukanlah Kian Santang. Silakan buka website Kota Bogor. Semoga bermanfaat…..

  1. Terima kasih banyak atas sarannya kang Budi…
    Memang betul ada sumber yang mengatakan demikian, tapi setelah saya coba telusuri sejarahnya dari beberapa sumber baik tertulis maupun lisan (khususnya penduduk disekitar lokasi situs sejarahnya), sepertinya dua nama tersebut adalah orang yang sama, sebab ada kesamaan cerita antara Walangsungsang dan Kian Santang, yaitu beliaulah yang “mesantren” kepada Syekh Datuk Kahfi. Sedangkan menurut sejarah yang mejelaskan bahwa Kian Santang adalah adiknya Walangsungsang, menyatakan beliau bertemu dengan Syaidina Ali, hal ini menurut saya “membingungkan” karena masa hidup kedua tokoh tersebut berbeda, kemungkina tokoh yang bertemu itu bukan Kian Santang, tapi Rakeyan Sancang. Wallahu ‘alam…

      • BERRY
      • April 9th, 2010

      Yg bertemu dngn kian santang adalah syech abd.qodir jaelani al bahgdad.

        • ODOY
        • November 19th, 2010

        Ada data outentiknya kang yang bisa dijadikan acuan..penemuan baru nih,,,,,,

        • arifinpadjajaran
        • Agustus 5th, 2012

        Berry yg raganya Nyi Ageng Maloko ya…?

      • ipunk
      • Januari 19th, 2012

      ga usah bingung,ga ada yg ga mungkin.contohnya nabi khidir nyampe skrg msh hidup.krn di turunkanny manusia ke muka bumi utk menjadi khalifah.jd mgkn sj mrk msh hdp,tp dgn nama lain.krn da istilah nitis ama notos.mrk mgkn manusia pilihan yg di beri tugas oleh allah swt memelihara dunia.

        • Jabs
        • Agustus 24th, 2012

        Saya lebih setuju dengan pendapat mas/kang ipunk

      • Ma’af mas,, dlm ajaran Islam tdk ada istilah ”menitis” tlg jgn campur aduk islam dg ajaran karuhun,,, sekali lg ma’af ya…
        Para Waliullah itu telah nyaman di kampung wali yg di sediakan Allah untu mereka…
        Jikapun mereka boleh kembali ke dunia ini,, ngapain pake raga org lain..?? knp tdk pake raga sendiri toh umat lebih percaya dg memakai raga’y sendiri…

        Jika ada ”Nitis” spt yg anda sebut, mungkin RASULULLAH SAW yg lebih dulu melakukan’y, karna rasa cinta dan kasih syg’y kpd UMAT’Y (takut umat’y masuk neraka..)
        Ma’af sblm’y,,, sy hanya coba mengingatkan sesama saudara se aqidah… sekali lg ma’af ya…

      • syahrul partawijaya
      • April 11th, 2012

      Assalamu alaikum…..maaf saya cuma mau cerita pengalaman batin saya…….suatu malam dalam mimpi saya ,saya bertemu dgn seseorang lelaki berbaju serba putih dan memberi satu ayat alqur’an ke saya,..kemudian lewat murid/cucu dari pewaris ilmu NYI MAS RATU GANDASARI PAMURAGAN…saya ketahui nama beliau,….kemudian belakangan saya bermimpi bertemu dengan seorang lelaki gagah dgn pakaian putih dgn ikat kepala berbentuk segitiga,berkumis tipis,tampan dan berwibawa, beliau mengaku bernama KI SANTANG, …kemudian lewat bantuan Ibu Liliek yg tinggal di BSD serpong, secara ghaib, juga hadir Waliyallah Sayyidina Ali yang memberi…katakanlah…pengesahan atas ayat yg telah diberikan ke saya….saya sangat bersyukur, tapi saya sangat haqul yakin bahwa memang ada hubungan ghaib,historis ,faktual pada tokoh2: KI SANTANG DAN SAYYIDINA ALI….semua harus dilihat dgn kacamata keimanan bukan dgn logika semata..kalo dgn logika memang rentang waktu Sayyidiana Ali berbeda zaman dgn Ki Santang. …Tapi saya sangat bersyukur dgn pengalaman batin tsb yg menambah keimanan saya…..wallahu alam bissawab…

    • kang dudung
    • Desember 13th, 2007

    punteu baraya sadayana pernah ngadangu teu anu namina keris kirompang?

      • rasid maulana sidiq
      • Juli 28th, 2010

      bukan keris ki rompang,tapi keris Kiyai sampang yang dulunya pernah dipegang oleh raja Raden Wijaya yang kemudian kabarnya dipegang Bung Karno,lalu Suharto,pada tahun 1997 keris itu hilang dari tangan pak harto dan sampai saat ini belum ada yang menemukanya.keris kayai sampang merupakan pusaka kerajaan,dan sampai sekarang jadi mitos siapa yang pegang pusaka itu bakal jadi calon pemimpin bangsa ini yang mampu membawa bangsa ini ke kejayaan , subur,makmur,aman, dsb. gitu katanya.

        • mamaasep
        • Oktober 20th, 2010

        kalo yg di maksud barangkali ya, keris jaman penguasa mataram pertama mungkin ada pada kawan namun biar jelas detilnya minta di kirim cirinya seperti apa trima kasih

    • kg ari di dinya asli na orang mn……

      • anwarudin :
        Ass Wr Wb met sore Mas Rasyid,coba Mas hub saya mudah2an krn ALLAH MAHA Segala2 bisa kita bertemu dngn Sejatinya Kian Santang,krn Kian Santang sdh ganti baju dngn nama. ….Den Anom.hub saya jk ingin mengulas dan bertemu dgn beliau ke No 082114111801. Wassalam

        abdi mah urang garut kang

  2. Punten Kang, abdi ge nembe ngadangu aya keris nu namina Kirompang…
    Mangga ka baraya sadaya anu terang perkawis keris kirompang, tiasa masihan informasi na…
    Hatur nuhun…

      • Gunawan
      • September 17th, 2012

      Assalamu’alaikum wr wb. punteun kang panginteun sanes keris kirompang, tapi upami teu leupat mah Kujang Rompang, punteun bilih lepat

        • kang dudung
        • Oktober 18th, 2012

        punteun ari akang uninga sejarahna kujang rompang? hatur nuhun

    • Dhilan Djalani Kusumaputra
    • Januari 30th, 2008

    Assalamu’alaikum..
    Mohon maaf! Saya coba ikut komentar tentang sejarah sunda islam. Ada beberapa informasi dari Guru-guru ngaji saya yang ada di batas kota Ciamis, Bogor, Cirebon, dan Banten. Kesimpulannya bahwa agama islam itu masuk di tanah pasundan adalah sebelum wali sanga menyebarkan islam di tanah jawa, tetapi memang hanya bersifat lokal saja seperti di daerah pedalam Panjalu, Cianjur, dan Sumedang. Terima kasih. Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

      • rasid maulana sidiq
      • Juli 28th, 2010

      menurut sumber yang saya temui bahwa islam di indonesia sekitar abad 7 ,kemudian prabu siliwang punya anak pertama R. kiansantang yang berguru ke syeh Hanafiah putra Sayidina ali yang mampu mengalahkan Kian santang,kemudian masuk islam dan berguru ke Kiyai Padoli di garut ,kemudian diberi nama syeh Nurjati, yang selanjutnya jadi ki kuwu pertama di caruban,kemudian adiknya R.Walangsungsang dan Larang santang datang menyusul,selanjutnya kuwu caruban di ganti oleh R.Walangsungsang yang mendapat gelar bah kuwu Cakrabuana,sedang kiansantang pergi dari caruban menjadi ulama dan mendirikan pasantren yang dikenal jambu pitu.yang konon menurut cerita dapat mengambil kembang cangkok wijaya kesuma dari ratu laut kidul.sampai sekarang jadi mitos barang siapa bisa ketemu dengan syeh nurjati alias kian santang,alias eyang semar,alias kiyai jambe lae bakal mendapat kedudukan.menurut sumber lain dikatakan bahwa kembang cangkok wijaya kesuma disimpan disebuah gua yang samapi sekarang jadi rebutan antara bangsa manusia dan bangsa jin.ciri dari R. kian santang yaitu memiliki pusaka pedang syaidina ali dan golok cabang,pedang ali merupakan pangwali dari pernikahan larang santang dengn raja mesir yang merupakan keturun Ali.begitu katanya.

      • Ass Wr Wb met sore Mas Rasyid,coba Mas hub saya mudah2an krn ALLAH MAHA Segala2 bisa kita bertemu dngn Sejatinya Kian Santang,krn Kian Santang sdh ganti baju dngn nama. ….Den Anom.hub saya jk ingin mengulas dan bertemu dgn beliau ke No 082114111801. Wassalam

      • aris
      • Oktober 22nd, 2010

      kak mu nanya nih le kga ? ………..

      • ipunk
      • Januari 19th, 2012

      itu emg bener,karna islam pertama di pulau jawa itu di karawang,syech quro.

    • aduy
    • Maret 3rd, 2008

    Jika kita cermati dari sejarah diatas, jelas sudah bahwa penyebaran atau dakwah islam yang dilakukan oleh kian santang bersama adiknya nyai rara santang ibu dari sunan gunung jati haruslah kita contoh, sungguh besar jasa-jasa mereka dalam menyebarkan agama islam. hingga saat ini kita dapat memeluk agama yang diridhoi Allah ini. perjuangan, kegigihan, semangat dan pengorbanan mereka di jalan dakwah bukannya tanpa rintangan banyak juga yang menghalangi dakwah mereka salah satunya datang dari ayahnya yaitu prabu siliwangi.
    sekedar informasi, kita juga harus berterima kasih kepada para khalifah islam yang telah mengutus ulama-ulama islam ke nusantara salah satunya daerah pasundan ini. karena andil para khalifah pada jaman khilafah utsmaniyah yang mengutus ulama-ulama islam ke wilayah nusantara ini kita dapat memeluk islam, karena hanya islam sajalah satu-satunya agama yang dirihoi oleh Allah SWT. (Al-Imron, 19).
    Kian santang dan nyai rara santang adalah murid-murid dari salah satu ulama utusan khalifah islam. karena sudah sepantasnya rasa syukur kita rasa terima kasih kita, kita curahkan dengan cara meneruskan dakwah islam yang pernah dilakukan oleh mereka khususnya di jaman sekarang yang sudah kembali menjadi jaman jahiliyah. kita harus mengenalkan kembali islam kepada masyarakat yang kini mungkin banyak diantara mereka yang tidak tau apa islam itu, kebanyakan orang hanya mengenal islam yang hanya mengatus urusan ibadah mahdoh saja yang merupakan hubungan manusia dengan Allah seperti Sholat, Zakat, Puasa, Naik Haji mereka tidak tahu bahwa islam juga mengatur urusan hubungan manusia dengan manusia seperti ekonomi, sosial, politik, hukum, pemerintahan. hubungan manusia dengan dirinya sendiri seperti pakaian, makanan dan minuman. banyak wanita yang tidak mengetahui bahwa jilbab itu wajib untuk dipakai wanita yang akan keluar rumahnya dan wajib dipakai ketika kita bertemu orang yang bukan mahromnya. banyak juga wanita yang mengatakan kerudung itu jilbab padahal jika kita pelajari lagi, jilbab dan kerudung adalah dua hal yang berbeda (Lihat An-Nur 31 dan Al-Ahzab 59) dan kedua-duanya wajib dipakai oleh seorang muslimah.
    saya hanya bisa mengajak kepada teman-teman semua marilah kita masuk islam secara kaffah seperti halnya Kian santang dan Nyai Rara santang agar kita bahagia Dunia dan Akhirat.
    maaf komennya terlalu panjang, semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat mengingatkan kita agar kembali ke jalan Allah SWT dan Rasulullah SAW.
    Amin…
    Tegakkan Syariah…..
    Tegakkan Khilafah….
    Indonesia Jadi Berkah….

      • rony
      • Juni 27th, 2013

      setuju….kita brtrmksh kpd jasa2 para guru, para kiai,para ulama.krna mrka kita knl agama islam….

    • Djenambang Bin Tandjak
    • Maret 4th, 2008

    Alhamdulillah.. Kami setuju sekali dengan komentar Mr Aduy (ditulis pada 3 Maret 2008), terutama tentang sikap Kian Santang dalam menerima hidayah dari Alloh SWT dan masyarakat sunda pada umumnya. Semoga kita semua mendapat ridho-Nya.. ULAH ERA BASA SUNDA.. Karena menurut saya, tidak akan berkurang Iman dan Islam kita dalam mempertahankan bahasa trasdisional.. Majulah Indonesia..

  3. Terlepas dari dimana letak makam prabu kian santang, atau pun riwayat-riwayat mengenai beliau, hal itu jangan menjadi suatu persoalan yang diperdebatkan. Yang pasti kita wajib bersyukur dengan nikmat iman dan islam yang Alloh SWT berikan terhadap kita. Adapun mengenai riwayat /sejarah masuknya islam perlu untuk kita ketahui, terutama metode dakwah para ulama zaman dulu. (bukan letak makam atau riwayat para ulamanya loh)

    Yang jelas…. visi & misi / tujuan para ulama itulah yang harus kita teruskan.

  4. Ass. Wr Wb
    Ngahaturkeun salam kasadayana wargi, dulur, baraya, rerencangan pokoknamah All..
    manawi aya nu uninga
    (margina pribados kapoekan ?)

    “cahaya hurip kucahyaning roh”
    “roh hurip kucahyaning Allah”

    diantos pisan bantosan na!
    hatur nuhun pisan

      • rasid maulana sidiq
      • September 21st, 2010

      menurut pendapat saya dan pengetahuan yang saya tahu cahya hurip kucahyaning roh artinya bahwa manusia hidup oleh jiwanya dan yang menghidupkan jiwa itu adalah hatinya.roh hurip kucahyaning Allah. artinya hdiup manusia karena ijin atau kersanya Allah. kalau digabung barangkali begini: kehidupan manusia tergantung pada kehidupan jiwanya,dan kehidupan jiwa tergantung hatinya.karena didalam hati itulah tempat bersemayamnya ilham dari Allah.semoga bermamfaat.

    • maaf ikut berkomentar.Menurut persi yang saya tahu bahwa raden Kiansantang bertamu syeh Hanfiah putra syayidina Ali bin abu tolib jadi orang tua yang menyuruh kiansantang mengangkat tongkat itu adalah syeh hanfiah bin Ali bin Abutholib yang kemudian mengislamkan kian santang,kian santang ke ketemu syeh hanafiah atas perintah buyut pendita yang nama aslinya pendita rakim alis kiyai padholi di garut,kemudian sepulangnya dari mesir kian santang diganti nama oleh kiyai padholi menjadi syeh Nurjati.kaitan dengan prabu siliwangi menurut persi yang saya terima bahwa kerajaan siliwangi yang bersal dari kerajaan galuh pakuan pajajaran stelah dipegang kiBaduga putra dari Wastu Kencana beliau dikenal Prabu siliwangi I,sedangkan Kibaduga punya anak bernama Raden Manah rasa yang kemudian dikenal prabu siliwangi II yang kemudian menikah dengan subang keranjang secara islam.selanjutnya punya anak 3 kiansantang,walangsungsang,dan larangsantang.yang ketiganya tidak mau jadi raja melainkan mencari agama islam.kerajaan dipegang oleh putra raja siliwangi II dari selir.dikenal prabu seliwangi III.jadi kian santang tidak perang dengan ayahnya.begitu mudah-mudahan bermamfaat

        • gusti prabu raksa
        • Desember 10th, 2012

        Agar tidak ada kesalah pahaman, Sri Baduga Maharaja = Pamanahrasa = Prabu Anom Jayadewata = Prabu Siliwangi. Ga ada Prabu Siliwangi I atau II atau III.

        Pancakakinya adalah:
        Prabu Linggabuana – Niskala Wastu Kancana – Dewaniskala – Sri Baduga Maharaja.

        Sri Baduga Maharaja ini disebutkan memiliki 3 istri. Kentring Manik Mayang Sunda, Nyi Subanglarang dan Nyi Sindangkasih. Dari Nyi Sindangkasih, tidak diberikan keturunan. Dari Subanglarang memiliki 3 keturunan, Walangsungsang (dikarenakan lahirnya sungsang), Rara Santang dan Rajasanagara yang kemudian mengikuti mazhab dan agama ibunya dan menjadi pewaris tahta di Caruban. Lalu dari Kentring Manik Mayangsunda menurunkan 1 anak Surawisesa yang selanjutnya menjadi pewaris tahta pajajaran, menurunkan Dewata Buana.

        Dalam naskah-naskah Sunda disebutkan bahwa KIAN SANTANG adalah tokoh fiktif yang dikarang oleh manusia. Dan dilebih-lebihkan dengan menceritakan tentang kejar-kejarannya Kian Santang dan Prabu Siliwangi. Jadi itu hanya cerita kaleng yang hanya nyaring tapi sulit dibuktikan. Untuk yang mengalami pengalaman batin, bisa dijelaskan bagaimana cara bicara? Adakah yang sudah bertemu dengan beliau, bisa tanyakan pancakakinya? Saya rasa sulit, karena KIAN SANTANG hanya hidup dipikiran kita masing-masing.

        Dan tolong, tulis nama tokoh dengan benar, jangan asal tulis.

        Sumber: Sejarah Jawa Barat (Yuganing Rajakawasa) Drs. Yoseph Iskandar, 1997. Gegersunten: Bandung.
        Naskah Pustaka Rajyarajya I Bhumi Nusantara, Parwa I-V. Bogor. Transliterasi Saleh Danasasmita, 1685

      • R Kodriat H
      • Oktober 13th, 2010

      Sagala makhluk bisa hirup tapi can tangtu bisa hurip, ieu bedanya antara jelema jeung sato.
      Nu mawa hurip teh nyaeta Roh, maksud Roh nyaeta nyawa anu salawasna di tuntun atawa merhatikeun aturan All swt, tah didieu bedana jelema jeung sato ari sato mah cukup hirup sabab teu boga Roh tapi ngan saukur nyawa, nyakitu tea hirup na oge teu kudu ngagunakeun utekna keur ngajalankeun hirup, ngan cukup asal bisa dahar jeung manjangkeun turunan geus merenah sabab ieu geus dibere ku Alloh swt nu ngarana instink tea
      Makana lamun jelema hayang hurip kudu ihtiar neangan ilmuna supaya Roh urang dipaparin pitunjuk anu saestuna kalawan RidhoNa, jadi lamun jelema teu ihtiar teu beda jeung sato mungkin leuwih goreng ti sato, coba wae tengger keun lamon sato paeh pasti bangkena masih aya hargaan kumaha lamun bangke jelema kajeun teuing keur hirupna pangkatna luhur tetep wae euweuh hargaan…punten sim kuring nyanyahoan mugia kersa ngahapunten…mugi sing enggak mendakan anu di maksad..baktos

        • ipunk
        • Januari 19th, 2012

        tah eta tujuan hirup jelema teh.apakah jadi manusa,apakah jadi sato.nu bakal mulang ka asal teh roh urang,lain jasad urang.jadi leuwih di perkuat rohani di banding jasmani.

  5. nambihan nu ka kantun

    manawi aya ” Katurunan Siliwangi”

    Jeung dulur kudu AKUR!

      • T.sofyan
      • Januari 26th, 2011

      engke dina waktos anu tos ditantuken bakal muncul putra sunda asli anu janten pamimpin Indonesia anu tiasa ngajantenken Indonesia gemar ripah repeh rapih, sayogya na tikitu bangsa indonesia bakal janten bangsa no 1 lantaran tiasa ngayomi sadaya bangsa bangsa sareng kemajuan na tiasa ngabantos ka bangsa lain boh tina elmu pangetahuan atanapi tina materi,aya papatah sunda anu disungkemken ku kangjeng prabu siliwangi (kangjeng sri baduga maharaja) anu uningana kieu
      dimana haur pugur ges naceb di ci laut eren jeng loba kapal nalian kanu haur ita tidinya bakal muncul putra asli sunda ani tiasa ngajantenken bangsa indonesia maju, upami ti na panarawangan sim abdi tiasa kacumponan 3-4 periode ti ayena, upami hoyong nalungtik kana sejarah kangjeng prabu sumaga urang ngariung, margi seeur anu bohongna tibatan aslinya hiji conto di makam prabu kian santang upami di talungtik aya kirang lewih 100 juru kunci tapi hiji oge teaya anu katurunan kangjeng prabu

  6. hapunten nya bade ngiring nimbrung,” saya aga sedikit lupa tapi ada yang ingat sedikit,kalau tidak salah dari rosululoh hingga kholifah alli bin abi tholib dari abad 1400 s/d 1600 masehi(abad 14 s/d 16), dan kalau tidak salah lahir nya prabu kian santang di kerajaan tarumanagara (bogor) sama pada abad 14 tapi saya ga trlalu yakin,bsk saya tambahin lagi ya dengan referensinya,trs mohon dicantum kan lahir dan wafat nya sayidina alli,dan prabu kian santang mksh ,hatur nuhun///,

    nuhun pisan dulur tos kersa ningalian blog abdi….
    perkawis sajarah Kholifah Ali bin Abi Tholib seueur pisan referensi na diantawisna tiasa dulur tingali di http://id.wikipedia.org/wiki/Ali_bin_Abi_Thalib,
    kitu deui sejarah Prabu Kian Santang, seueur pisan referensina diantawisna di http://www.cirebonkab.go.id/index.php?pilih=hal&id=9&Login=8b441b2eb4283dfe640272609d3ae191

    • ahmad miftah
    • Juni 22nd, 2008

    restribusi dll masukke komplek makam kian santang yang di garut berapa?

    • nonggerak
    • Juni 30th, 2008

    punten ulah dicampur sejarah pajajaran sareng kagoiban. Sadayana mahluk teu aya nu goib.

    • hajianan
    • Juli 8th, 2008

    ki santang aya di kulon,sanes bangsa manusa. Siliwangi, bangsa manusa

    Tepu

  7. kian santang masih hidup Mas
    ini buktinya

    http://givangkara.multiply.com/photos/photo/140/64

    silakan dilacak, terima kasih

      • ahmad rahmat
      • November 10th, 2010

      saya lihat dan putuskan
      bukti bahwa Kian Santang masih hidup
      ” sangat tidak benar ”

      A. Rahmat

    • erin
    • September 1st, 2008

    saya kagum dengan keberanian nya dan dengan ketinggian ilmu nya!

    • arya
    • September 2nd, 2008

    siapa pewaris tongkat siliwangi ( tongkat hitam berkelapa Harimau ) setelah kian santang meninggal ?

    • GUMGUM
    • September 14th, 2008

    KEUDAH DIUNINGA KU PALAWARGI, REHNA KIANSANTANG SRG SAYIDINA ALI PATEUPUNG DI NEGRI ARAB TEH T NYAMBUNG KUMARGI MASA HIDUPNYA JAUH PISAN KINTEN2 8 ABAD. SARENG NU NAMINA KASAKTIAN DI NEGRI ARAB T AYA HAL2 NU GOIB , REHNA DINA PEPERANGAN MASA ROSULULLOH SADAYANA SAHABAT NABI GE KANTOS TERLUKA KU PANAH ATANAPI KU TOMBAK. JANTEN NU NAMINA KASAKTIAN TEH NGAN SAUKUR BUMBU KANGGE RAMENA DONGENG. MUN AYA JALMI DINA DONGENG2 DI NEGERI URANG NU SARARAKTI, MOAL MUNGKIN ATUH NEGERI URANG DI JAJAH BELANDA 350 TAHUN.

    • KangAsep
    • September 23rd, 2008

    PANUJU SARENG PAMENDAK KANG GUGUM, NGAN ELMU TEH KAN AYA SEUEUR DIANTAWISNA ELMU AGAMA, ELMU KADIGJAYAAN, ELMU PERANG, ELMU PENDIDIKAN SAJARAH, SAIN JST. JEUNG KEDAH EMUT SADAYANA ELMU KAGUNGAN ALLAH.

    TAH SIGANA ELMU NU MATAK NAGARI URANG DIJAJAH 350 TAHUN MAH SANES LANTARAN TEU AYA JALMI NU NGELMU KADIGJAYAAN.

    NAHA AYEUNA NAGARI URANG GEUS MERDEKA KITU? MALAH AYEUNAMAH PENJAJAHAN TEH NGARAMABAH DISAGALA BIDANG, JIGANAMAH KULANTARAN SALAH NERAPKEUN ELMU.

    URANG SUNDA HUDANG EUY……HAYU GEURA SOSON-SOSON DIAJAR NGELMU NU BENER!

      • cecep
      • Januari 7th, 2011

      kumargi jaman ayeuna mah jalma teh ngelmu teh ameh pinter lain ameh ngarti,sareng elmu disimpenna dina otak lain dina manah.

      • cecep
      • Januari 7th, 2011

      kumargi jaman ayeuna mah jalma teh ngelmu teh ameh pinter lain ameh ngarti,sareng elmu disimpenna dina otak lain dina manah

      KangAsep :
      PANUJU SARENG PAMENDAK KANG GUGUM, NGAN ELMU TEH KAN AYA SEUEUR DIANTAWISNA ELMU AGAMA, ELMU KADIGJAYAAN, ELMU PERANG, ELMU PENDIDIKAN SAJARAH, SAIN JST. JEUNG KEDAH EMUT SADAYANA ELMU KAGUNGAN ALLAH.
      TAH SIGANA ELMU NU MATAK NAGARI URANG DIJAJAH 350 TAHUN MAH SANES LANTARAN TEU AYA JALMI NU NGELMU KADIGJAYAAN.
      NAHA AYEUNA NAGARI URANG GEUS MERDEKA KITU? MALAH AYEUNAMAH PENJAJAHAN TEH NGARAMABAH DISAGALA BIDANG, JIGANAMAH KULANTARAN SALAH NERAPKEUN ELMU.
      URANG SUNDA HUDANG EUY……HAYU GEURA SOSON-SOSON DIAJAR NGELMU NU BENER!

      .

    • mizQat
    • Oktober 16th, 2008

    Punteun , saurna kian santang teh budak nu ka 39 ? raina lara santang nu bungsu k 40 .
    tah ai saur abdi mah prkawis tepang sareng sydina ali mah , tiasa wae meski beda 8 abad ge , da soalna ai org” suci mah mun tos teu aya ge tiasa ngabingbing nembongan k eyang kian santang ,

    da ti baheula ge di tatar sunda mah teu aya nu namina perang sadarah , jd prabu siliwangi mah ngabelaan nyumput dari pd kudu perang jeung budak sorangan . apanan SILIH ASAH
    ASIH ASUH teh paribasa ti pajajaran .
    saurna mah ayeuna teh eyang prabu siliwangi mah nuju di laut pameumpeuk .

    Hiduplah urang sunda . :)

      • budak baonxz
      • September 29th, 2009

      Prabu Siliwangi ayana dicirebon…hoyong pendak mah gampil upami panjang mulud sok aya ngilu ngahadiran tapi kedah kabuka heula mata bathina… rarayna pinuh ku rasa kaduhung…bisa diterjemahkeun maksud bahwa islam teh agama nu saleresna…/ieu mah ngaluruskeun wae bilih aya nu kasurupan/ nu gaduh ilmu nyurup aya nu ngaku -ngaku prabu siliwangi tong percanten tina pribadi prabusiliwangi nu saleresna lemah lembut memang raray mah sangar..,sananjan aya nu bisa nyurupkeun prabu siliwangi kana awak jelema. jelema eta kudu kuat ngimbangan ilmu kasaktian prabusiliwangi, sebab ilmu na masih nempel ngilu jeung lelembutan-na…tina cara manggilna oge pasti datang tapi moal ngadeketan paling jaga jarak antara 5 meter ngabandungan nu asup biasana nu boga ilmu nyurupmah mata bathina katutup wajar wae teu bisa ngabedakeun mana asli/mana nu ngaku-ngaku…ieu komentar ditulis berdasarkan pangalaman kuring nu ka-alaman…lain turutaneun wasalam

        • Ayahrara
        • Mei 2nd, 2013

        Akur kang…. Eyang sinuwun (eyang na sinuwun) saya manggilnya gt… Sok hadir lamun mauludan di masjid agung cirebon, komo thn 2012 mah kumplit para sinuwun kabeh sampe Bunda ratu oge dtg milu dzikir… Ieu oge pangalaman abdi….

    • Bima di Kalimantan
    • Oktober 26th, 2008

    Hatur punten ah ngiring nimbrung.

    Abdi sapamadegan sareng Kang Asep rehna elmu kadigdayaan teh “AYA”. Alloh SWT Maha Gagah, Maha Kawasa, Maha Welas sareng Maha Asih. Kanggo Para Wargi sadaya upami hoyong yakin pilarian guru sareng prak ngelmu. Masalah kaayaan “para Sahabat Rosululloh di zaman peperangan seueur nu “terluka”, sadayana ngandung maksad sareng rencana Alloh SWT , di dinya aya Rahasia Alloh SWT anu kudu di tafakuran ku diri urang.
    Ngenaan penjajahan ka nagari urang, sababna mah lantaran urang eleh dina elmu lain ku bangsa luar. salah sahiji kalemahan SDM urang teh nyaeta gampang kapincut ka”dunya”an jeung gampang dipecahbeulah, malahan mah dugi ka ayeuna, urang teh masih dijajah, kitu sanes? Padahal profesor, Doktor, Insinyur , Ekonom, insinyur, para pengamat politik, politikus, teh saabreg-abreg di nagari urang teh.
    Dina elmu agama oge aya nu disebut “elmu syareat, tarekat sareng ma’rifat”. Saupami tilu elmu ieu ku urang tiasa kahontal, Insya Alloh “kadigjayaan” bakal kapimilik. Mangga urang sami-sami milarian tur mendakkan “Aci ning hirup jero ning hirup” nu salresna”.
    Mugia urang sadayana dipaparinan kasehatan, taufik, hidayah sareng inayah ti guti Alloh SWT. Amin ya Robbal ‘aalamin…

    • Bima di Kalimantan
    • Oktober 26th, 2008

    Hatur punten nambihan yeuh manawi bae aya manfaat atanapi ilham kanggo “eevooi”. Upami milarian atanapi bade nyocokkeun ayana “perbedaan zaman” waktos pendakna Sayidina Ali bin Abi Thalib sareng Kian Santang dumasar kana catatan sajarah, jigah na mah moal kapendak sareng moal lebet kana akal biasa ku urang.
    Dumasar kana pamahaman abdi (ieu mah ceuk abdi salaku jalmi anu awam), upami ningali kana “kasaktian” (kesucian) Sayidina Ali bin Abi Thalib dan Kian Santang salaku jalmi anu dipasihan “kaleuwihan” ku Alloh SWT, “pertemuan” diantara kaduana mungkin bae memang kajadian sok sanaos beda zaman sareng teu lebet akal kanggo anu awam. Dina elmu Sufi, kanggo jalmi anu parantos dugi ka darajat “Maqom” kalayan izin Alloh SWT, eta jalmi sareng saha bae tiasa pendak henteu kahalangan ku waktu sareng panghalang sanesna. Upami teu lepat saur urang sufi mah eta jalmi teh parantos “TERHIZAB”. Wallaahu ‘alam..
    Hatur nuhun.

    • SagaraJiwa
    • Desember 7th, 2008

    Hatur Punten nambihan yeuh manawi weh aya manfaatna kangge urang sarerea atuh ka abdi jadi amal ka sadayana jadi elmu
    sakapendak abdi teh prabu kiansantang sateacan ka nagri arab teh tos tiasa disebat mu’min ! naha make di sebat mu’min?
    ( sakapendak abdi yeuh ) anjeuna gaduh kayakinan yen aya kakuatan anu leuwih leuwih ageng ti batan anu ka pendak ku anjena ! janten anjeuna teh gaduh kapercayaan kangge milari saha atuh anu disebat pangkalna kabeuneran ! nya ku kituna anjeuna kaluar ti pajajaran kangge milari anu disebat tea ! kaditu kadieu teu kapendak wae akhirna teh anjenna ngarungan lautan kangge milari anu disebat Sang maha Benar ! janten saur abdi mah sateacan prabu kiansantang ka nagri arab prabu kiansantang teh tos tiasa disebat Mu’min orang yang percaya akan ada suatu dzat yang maha suci Yaitu Allah swt ngan anjena teterang nu disebat Maha Suci teh saha !? sakitu ti simkuring,hapunten nu kasuhun, bilih aya cariosan cariosan anu teu enak kana manah ! sanes mamatahan ngojay ka meuri ! sakali deui hanpunten ! hatur Nuhun.

    • serunting
    • Desember 16th, 2008

    Menurut saya berdasarkan fakta dari buku sejarah dari mulai SD, SMP dan SMA hingga buku2 buhun yg sy baca,dan sejarah dari makam yg telah saya datangi.
    Dahulu kala konon di negeri kutai( kerajaan pertama di indonesia)seorang bernama kundungga memiliki anak 3, mulawarman, purnawarman dan aswawarman.anak yg kedua hijrah kepulau jawa,dan setelah menetap di pulau jawa sebelah barat tepat nya di kota bogor( lihat prasasti kebon kopi dan ciaruten). pd th 528 m,berdirilah sebuah kerajaan yang megah gagah dan berwibawa, yang melambangkan tingginya langit biru, dan luasnya samudera biru, kerajaan tsbt bernama “TARUMANAGARA”yang artinya kerajaan biru/nagara biru,kerajaan tsbt dipimpin tiada lain oleh sang purnawarman dan nama lainnya adalah dewata wisesa,karena kearifan dan kebaikan nya raja tersebut mendapat gelar dari masyarakat yaitu “SILIH WANGI” yang artinya tiada lain silih=saling, wangi=harum ,jadi artinya saling mengharumkan antara pemimpin/raja dan masyarakat. sejak itulah semua raja di tatar sunda memakai gelar :SILIH WANGI” raja tsbt memiliki putra mahkota yang nm nya =ada yng bilang gagak lumayung dlsb.putra mahkota tsbt sangat sakti namun terkenal gemar mengadu ilmu,tp ditatar jawa tak ada satupun yg sanggup menandingi,dan dijaman kerajaan ini pun bersamaan dengan dinasti “TANG” dari china dan bersamaan dengan jaman rasululloh saw hingga para khalifah khulafaurrasyiddin,yaitu th 571 m s/d 632 m,silahkan lihat sejarah rasululloh lahir th 512 m,maka ini bersamaan dgn jaman kerajaan Tarumanagara.ketika dinasti Tang ingin meruntuhkan TARUMANAGARA’sang putra mahkota tsbt lah yg berhasil menaklukan dan memukul mundur pasukan dari dinasti Tang tsbt, dan sejak itulah putera mahkota terkenal dengan julukan “KI AN SAN TANG” yaitu penakluk dinasti Tang, konon menurut cerita putra mahkota tsbt berangkat ketanah arab karna mendapat wangsit dalam tapabrata nya, dan bertemu dgn rosululloh SAW dan ali bin abi tholib,dgn berbagai versi tp yg intinya sprt itu. ini sangat lah “RASIONAL”karena mereka memang hidup di abad yang sama,sepulang dari mekah berganti nama entah apa tepatnya,ada yang bilang galantrang seta, ada yang bilang roahmat suci, namun yang jelas beliau sepulang dari mekah menjalan kan syariat islam ,namun belum sepenuh nya faham sehingga ketika beliau menjalankan syariat sunat, malah batang kemaluan yang dia potong, hingga orng yg di sunat tsbt tewas,hingga sekarang daerah tempat meninggal orang tsbt di kenal dengan sebutan “SALAM NUNGGAL”terletak di jawa barat sebelah selatan.Dan sepulang kembali berguru ke mekah putra mahkota tsbt di bekali segenggam tanah yang kabar nya tanah tsbt adalah tanah suci yang kelak dipendam ditanah jawa sebagai tanda untuk beliau menetap kelak.Dan putera mahkota pun tiada hentinya mengajak sang baginda untuk memeluk dinnul islam,sampai2 mereka bersitegang, ttp sang ayah tetap teguh menolak, hingga akhirnya stlh beradu jesaktian sang ayah berkata”hai anakku janganlah kau paksa aku, aku tak ingin manyakitimu,jika kau yakin dengan agamamu laksanakanlah dengan benar,aku akan mencari kebenaran itu dengan caraku,semenjak itu sang putra tak lagi menghirau kan sang ayah dan kerajaan, demi tegak nya dinnul islam, beliau mengembara dinusantara khusus nya jawa sebelah barat,hingga di jawa sebelah barat sangat banyak patilasan dan nama beliau yang berbeda, karena setiap persinggahan sang tokoh ini selalu memakai nama yang berbeda untuk mencegah Ria, Ujub dan Takabur.Dan pd th 686 m, kerajaan Tarumanagara runtuh oleh kerajaan sriwijaya,sejak saat itu lama sekali ditatar sunda tak ada tanda2 atw kegiatan yang menunjukan adanya sebuah kerajaan,hingga akhir nya pd th 1030m (abad ke 11)berdirilah sebuah kerajaan yang bernama “PADJAJARAN” dan kerajaan tsbt dipimpin oleh seoarang raja yang bernama’ JAYA BUPATI JAYAMAWA WISNU MURTI SAMARARIJAYA WIKRAMA TUNGGA DEWA, yang bergelar sama yaitu “SILIH WANGI”.raja kedua padjajaran adalah” rahyang niskala wastukancana, ketiga” rahyang ningrat kancana, keempat “sribaduga maharaja(beliau bertahata di pakuan padjajaran pd th 1350 s/d 1457, pd masa ini terjadi perang bubat(perang saudara) antara pakuan padjajaran dengan majapahit, harap diketahui pakuan padjajaran adalah satu2nya kerajaan yang tidak ditaklukan oleh majapahit.kelima “hyang buni sora, keenam “prabu niskala wastukancana, ketujuh “tohaan, ke delapan “sang ratu jaya dewata, sembilan “ratu saksi, sepuluh “raja nusia mulya.
    Dari fakta tsbt, mungkin dapat membuka cakrawala pandang dan pikir kita, bahwa prabu KIAN SANTANG bukan lah jaman nya sunan cirebon atw pun para syeh muda yg ada di tatar jawa barat. namun beliau sungguh merupakan seorang tokoh tertua penyebar dinnul islam di tatar jawa sebelah barat dikepulauan nusantara yg bersamaan dgn jaman rosululloh, dan beliau lah yang pertama menyebarkan dinnul islam di nusantara dgn cara yang hanya allah swt dan beliaulah yang tau. wallohu alam bi showab!!!!!!

    Serunting!!

  8. saya setuju dengan cerita serunting bahwa prabu kiansantanglebih tua dr pd wali sanga, beliau adalah murid dari sayidina ‘Ali ra. Sekarang beliau bernama Syech Muhiddin Kanjeng Sunan Rohmat Suci & dimakamkan di desa kandang haur, godog – garut. Dan situ pula terdapat makam para sahabat & kerabat beliau, & bahwa Syech Abdul Qadir Al-Jaelani ra.pernah datang ketanah jawa hanya untuk bertemu dengan sunan rohmat. Wassalam.

  9. Kalau saya pribadi lebih menitik beratkan pada peninggalan situs dan pencatatan sejarah yang dicross cek dengan kandha (tuturan lisan).

    Dalam hal acuannya adalah pencatatan naskah kuno baik dari peninggalan Pajajaran sendiri maupun Cirebon. Dengan kata lain saya pribadi menunjuk Astana Gunung Jati lah letak makam Cakrabuana/Walangsungsang/Kian Santang. Meskipun dalam versi lain mengatakan bahwa Walangsungsang bukan Cakrabuana.

    Wallahualam,

    • Ali Al-Husairi
    • Desember 26th, 2008

    dears all
    Untuk semua khususnya penegak kebenaran sejarah…
    kaimi sangat menunggu bukti sejarah yang ada secara fakta akan kebesaran kerajaan padjadjaran… hemat kami sejarah mengakui akan kebenaran hal tersebut namun tidak atau kurang dilengkapi dengan bukti-bukti yang bertautan….
    satu hal yang saya ingin tanyakan apakah ada informasi tentang SYAHADAT PADJADJARAN ? Saya ingin tau siapakah SYEH BASYARUDDIN PADJADJARAN…
    NGATUERKEUN NUHUN KA SADAYA BARAYA….
    GOOD LUCK FOR ALL SUNDANIS
    BEST REGARDS FROM ME

    • coba Kang Ali hub no saya INSYAALLAH PASTI ALLAH yg akan memberitahukan via saya yg sbg Ciptaan.Nuhun

      • assalamualaikum, kang anwar nepangkeun simkuring hoyong uninga wartosna keris kirompang teh kapungkurna nugaduh prabu kyan santang? sehebat apakah keris tersebut kang?

        • akang
        • Januari 20th, 2014

        Sejarah Sunda memang pabaliut, lantaran ada periode yang berkaitan dengan tragedi bubat maka sepertinya ada yang sengaja memutarbalik cerita.

    • serunting
    • Januari 3rd, 2009

    wallohu ‘alam bi shawab”sahadat padjajaran menurut saya adalah shahadat jaman agama islam baru masuk ke indonesia, karena jaman dahulu di indonesia sangat lekat dengan animisme(poercaya thdp roh2 )yaitu dijaman prabu sili wangi,tp skrg pun msh ada yaitu nama lainnya ada yg bilang sunda wiwitan klw di jawa munkin sama /ibarat kejawen, namun bagi kita yg yg tau menurut qur’an & sunah, tidak usah memikirkan tentang sahadat padjajaran,karena memang di jaman skrg pun byk aliran yg ingin memiliki masa/pengikut pdhl hanya bermodal spekulasi dan keyakinan yg tak mendasar.dan yg bodoh nya adalah sang pengikut,karena minim nya wawasan agama.jd dengan kata lain shahadat padjajaran adalah shahadat pengikut prabu sliwangi, yang wallohu ‘alam kebenarannya, tp iintinya yg lebih benar dan syah jelas lah putera nya, karena memiliki dasar dan fakta yang kuat, wallohu ‘alam,,,,

  10. Telah dimaklumi, agama sunda sudah ada semenjak sebelumnya Dewawarman bertahta di Salakanagara (130 – 168 M). Dihitung sampai sekarang, eksistensinya sudah kurang lebih 19 abad bahkan mungkin lebih. Kitab Suci sebagai pegangannya disebut Sambawa, Sambada dan
    Winasa, tiga kitab yang ditulis oleh “Prabu Resi Wisnu Brata”.

    Dalam berita serial Berita Pantun Bogor versi Aki uyut Baju Rambeng. Dalam “Pantun Gede”” (pantun sakral) episode “Curug si Pada Weruh”, diceritakan bahwa :

    “Saacan Urang Hindi ngaraton di Kadu Hejo oge’ Karuhun urang mah nggeus baroga agama, anu disebut agama sunda tea…”

    (Sebelum orang Hindi bertahta di Kadu Hejo pun, Leluhur kita telah memiliki agama, yakni yang disebut agama sunda).

    Urang Rawayan (Baduy) di Mandala kanekes menyebut agamanya Sunda Wiwitan, hingga kini Sunda Wiwitan masih eksis sebagai simbol terpeliharanya kabuyutan Jati Sunda/Parahiangan. Setiap tahunnya Urang Rawayan melakukan upacara muja di Babalayan Pamujan “Sasaka Pada Ageung” (Pemujaan Urang Baduy). Dengan mengucapkan ikrar yang mereka namakan “Sadat (Syahadat) Sunda” :

    “Pun, Sadu Sadat Sunda, tuan katata tuan katepi, selam larang teu ka sorang, tuan urang (h)aji pakuan”.

    Secara konsep ke-Tuhanan, agama Sunda Wiwitan memiliki paham Monotheis. Hal ini dapat dilihat dalam “Sadat (Syahadat) Padjadjaran.

    Sadat Padjadjaran:

    “Hyang Tunggal tatwa panganJali, Ngawandawa di jagat kabeh alam sakabeh, halanggiya di saniskara, hung tatiya ahung. ”

    (Sang Hyang Agung yang Maha Esa, dialah yang sebenarnya sang “Penyembahan”, tiada
    beranak tiada bersaudara, mempunyai teman pun tidak di Jagat dan di AIam ini, Yang paling unggul di segala-gala. Hung, nah itulah Sang Benar Sejati, Ahung…!)

    Mangga dilajeng,…

    Tabe’

    • batu karas
    • Januari 20th, 2009

    bahasan sejarah yg beragam,,, kita ambil saja hikmahnya,,, makna yg timbul sikapi dgn positif,,, hatur nuhun ka eevooi nu parantos rurumpaheun,, diantos di cijulang,,, di dieu aya situs duka situs naon,,, dina paromanan mah tiasa wae ngandung sajarah,,,

    • a’gudeng
    • Januari 27th, 2009

    Apakah benar Prabu Kian Santang itu adalah Syekh Abdul Qodir Jaelani?
    Saya bisa dapat dmana hikayat tentang Pangerang Surya Kencana (Sumedang)?
    Hatur Nuhun

      • Ki Ibun/yoppy y.
      • Oktober 16th, 2009

      Hapunten,sakaterang abdi, nu kapendak ku abdi….sanes. Benten jalmi.
      Eyang Sepuh Syeh Abdul Qodir Jaelani sanes Aki Prabu Kian Santang.
      Memang seueur nami Prabu Kian Santang teh: Diantawisna Sunan Rohmat, Prabu Borosngora, Ki Mursyid sareng nami2 nu tos disebatkeun di luhur seueur pisan….!

      hatur nuhun…

  11. Tidak ada satu literaturpun yang mengaitkan dengan dua tokoh di atas, baik dalam biografi Abd Qodir Jailani yang dimuat dalam Kitab Adz Dzail ‘Ala Thabaqil Hanabilah I/301-390, nomor 134, karya Imam Ibnu Rajab Al Hambali, maupun naskah2 kuno Sunda perihal Kian Santang. Mungkin saja ajaran tarekatnya, karena diketahui sampai saat ini masih bisa ditemukan di Cerbon.

    Setahu saya, Prabu Surya Kencana bukan Pangeran. Dialah Raja terakhir Pajajaran yaitu Raga Mulya / Prabu Surya Kancana / Pucuk Umun Pulasari (1567 – 1579 M)
- Putera Nilakendra
- Memerintah dari Pulasari, Pandeglang, setelah Kraton Pakuan dan bentengnya jatuh ke tangan Banten
- Kekuasaan Pajajaran berakhir saat Banten berhasil menghancurkan istana Pakuan dan membawa Palangka Sriman Sriwacana, tempat duduk kala seorang raja Pajajaran dinobatkan, dari Pakuan ke istana Surasowan di Banten. Dengan dibawanya batu penobatan tersebut ke Banten, Pajajaran tidak bisa lagi menobatkan raja baru
- Sebelum menanggalkan tanda-tanda kebesarannya dan mengasingkan diri lebih jauh ke barat, ke Ujung Kulon, dia menyerahkan mahkotanya kepada Prabu Geusan Ulun, penguasa Sumedang Larang, putera Pangeran Santri dan Ratu Pucuk Umum sebagai pertanda penerus kekuasaan raja-raja Sunda-Galuh.
- Keturunan Surya Kancana/Pucuk Umun Pulasari dan pengikutnya inilah yang dianggap sebagai orang Badui Banten sebagai leluhur mereka.

    Wallahualam,
    Cag,

  12. Halo….
    saya sedang mencari sejarah keturunan saya, hingga akhirnya saya mampir ke situs ini, karena ternyata saya masih ada keturunan yang cukup dekat dengan prabu siliwangi dan kian santang, sama seperti bupati bogor sekarang, oleh karena itu saya ingin mencari sejarah mengenai beliau,bahkan dalam waktu dekat saya akan berkunjung dan ziarah ke cirebon,dengan tujuan untuk mencari ilmu dan melestarikan sejarah silsilah.
    mohon kalau ada info tentang itu bagi2 ya, thanks.

      • gagak lumayung
      • April 23rd, 2010

      tolong kepada semua keturunan siliwangi/kiansantang.. ingat suatu saat kita akan ketemu di wilayah kutatandingan di kota karawang… untuk menghidupkan ilmu harimou yg sempurna..

      • ipunk
      • Januari 19th, 2012

      ass.saudaraku,mungkin sy bisa membantu.krna sy pny kakek yg tau sejarah.

    • samida
    • Februari 17th, 2009

    Sampurasun…………..!
    Memang sejarah mengatakan demikian, akan tetepi orang punya penemuan sendiri – senditri tentang sejarah.
    Terkadang sejarah buku dengan sejarah yang kita temukan sendiri itu jauh berbeda.
    Tinggal kita ambil hikmahnya aja dan kita harus bisa meneruskan semangat juang mereka, demi tercapainya apayang mereka ( Orang – Orang Suci )Cita-citakan ……..!

  13. Saya rasa semua opini yang saudara-saudara tulis ada benarnya,,,kembalikan lagi ke prinsip dan penemuan,serta pendengaran dari yang tahu tentang sejarah Prabu kiansantang/ Sunan Rohmat,,,siapapun beliau dimanapun beliau,saya pikir tidak perlu di permasalahkan,,yang penting kita semua selalu ingat akan semua perjuangan beliu dalam menyebarkan agama islam,,dan ingat akan semua ajaran beliau mengenai tarekat qodiriah yang beliau dalami sampe wafat,dan agar selalu mengirimkan doa seperti Al Fatihah kepada beliau,,( Tsuma illa ruhi khususson Sunan Rohmat,,,Al Fatihah..

    • setiawan
    • Maret 30th, 2009

    salam
    sim kuring ti padusunan gegerkalong
    ngiring bingah, masih aya keneh ki sunda anu masih malire kana sajarah karuhunna, nu teu hilap kana purwadaksina… syukur…baraya sunda…
    kuring bade ngiring ujub bae da bongan hoyong teurang
    ka kisundaan saha atuh ki Santang teh nu saleresna,
    tur saha siliwangi teh… kade ah ulah sok disiga siga
    nya… ulah cek beja yu urang paluruh babarengan hasilna urang rempag sauyunan… malah mandar jadi sajarah nu gede pikeun ngayonan modernisasi jaman ieu.
    Siliwangi hartosna silih wangian atawa silihseugitan, yu urang babarengan silih pikawelas tur asih nyaeta nurrahman nurrohim ku kodrat irodat Mantenna.

    • aceng
    • Maret 31st, 2009

    Salam ka baraya jawa barat sadayana,
    Leres pisan sim kuring satuju mun nyukruk galur mapay laratan karuhun teh ulah cek beja jeung siga wungkul, tapi kedah dipilari anu sajatina. Jalan salah sahijina urang kedah kersa ngalakonan beberesih diri tina hadas dosa sareng kasalahan. Anu kaduana urang singkabkeun hijab anu ngahalangan kana kayakinan ku jalan istikhoroh ka Alloh, nyuhunkeun widi sareng ridoNa mudah2an dikobul kalayan Kudrat, Irodat katut Pangasih Anjeuna diuningakeun anu sajatina eta sejarah karuhun urang teh kumaha bae carana mah eta mah urusan Gusti Alloh. Saparantosna uninga anu sajatina urang kedah nyonto kana kaluhuran budi sareng kamulyaan akhlak karuhun urang tea. Insy Alloh ku jalan kitu hirup urang moal kasasar di dunya sareng di akherat. Amiin..
    Wassalam,

    Aceng

    • iwan
    • April 21st, 2009

    sim kuring rada teu percanten yen Prabu Siliwangi dibeberik ku Kiansantang supados lebet Islam da dina Islam teu aya paksaan beragama. pami ngadu elmu ngadugalan mungkin wae, aya babasan saluhur-luhurna taktak moal ngaluhuran sirah-eta babasan cek sepuh2mah ucapan P Siliwangi waktu duelna P siliwangi vs kiansantang.

    aya nu terang sejarah kiansantang ngancurkeun pasukan Majapahit nu nyerang cirebon (pra kerajaan cirebon) ???

    • yus rusmana
    • April 26th, 2009

    ngiring ngadu bako ka kulawargi sadayana…

    ari saur pribados mah nu penting sanes kuburan jasadna nu penting mah dimana ayena ayana kuburan ilmu kaislamanana anu terkubur. keun wae ari kuburan jasad mah da aya babad caritana hayu urang nyukcruk galur ilmuna keur ngaluhurkeun darajat kaislaman urang sadaya

    • iqbal ti sukabumi
    • April 27th, 2009

    assalaamu alaikum….bade ngringan nya..
    hatur nuhun kangge sadayana nu tos nulis dina blog ieu. alhamdulillah nambihan informasi kangge sim abdi..mung bade tumaros kasadayana..dupi prabu siliwangi teh aya hubungannana henteu sareng eyang haji surya kencana sareng ibu ratu roro kidul….(hapunteun) soalna ieu mah pangalaman abdi nu sok kahadiran aranjeuna nu sok ngajarkeun elmu akhlak..komo prabu siliwangimah sok ngagugahkeun dina waktos tabuh 1 weungi kanggo ngajak shalat tahajud ( saurnamah tos lebet islam prabu teh). tapi abdimah paling resep pami hadir eyang haji suryakencana (Guru) pami paling isin ku ibu ratu rorokidul (da Pendiam). panginten sakitu heula engkin sambung deui nya…hapunteun sadayana bilih teu percanteun atanapi percanteun etamah kumaha wae.

      • xiociu
      • Maret 28th, 2011

      kang punten linggihna dimana,.?
      upami aya waktos abdi bade ameng, hoyong ngabandungan lalampahan akang pas pependak sareng prabu siliwangi, nyi roro kidul sareng eyang surnya kencana

    • Agung Ti Bandung
    • Mei 2nd, 2009

    assalam mualaikum wr wb

    terima kasih buat semua yang sdh kasih ilmunya ke blog ini.saya mau tanya benar ga sih klo eyang prabu siliwangi,cakrabuana dll suka datang atawa hadir ke orang2 yang mereka kehendaki,saya punya pengalaman kedatangan/kehadiran mereka tapi saya bingung krn saya awan tentang itu dan klo mau tanya harus tanya ke sapa?? ada yang bisa bantu saya
    trims

      • gagak lumayung
      • April 23rd, 2010

      agung yg terhormat…. ko pengalaman sodara sami sareng pengalaman abdi… tpi insa alloh suatu saat akan ada mangpaatnya… mari kita mndekatkan diri pada alloh karna alloh lah yg mengetahui segalanya….

  14. alhamdulillah geuning seueurnya nonoman nu resep keneh kanu sejarah2 sunda… saleresna nu kapendak ku abdi di urang mah seueur sejarah nu sok di kaitkeun saring mistik. eta pisan nu sok janten bingung kanu maluruh sejarah-sejarah teh. tapi abdi nganuhunkeun pisan dina blog ieu urang tiasa ngabagi pangalaman antar urang… duh kagagas pisan abdimah pami ngadangu nami-nami nu aya dina cutatan sajarah teh, utamina sejarah cirebon.

    • Encrut
    • Mei 3rd, 2009

    anu abi erang mah …kiansantang teh jalan di payuneun bumi abi…jl. kiansantang…hatur nuhun…kakakakkaka

    • akang ti purwakarta
    • Mei 15th, 2009

    Ka Gunung Jati jeung ka Godog pernah, tapi ka Sancang teu acan.
    Aya anu uninga kitu palih mana di Garutna teh.
    Hatur nuhun.

      • karim pupuhu
      • Mei 15th, 2010

      karim pupuhu assalamualaikun.kang salam kenal.upami teuleupat.sancang ayana d garut anu bade ka pamengpeuk.

  15. asalamualaikum wr,wb…
    mengenai sejarah kian santang semua adalah suatu legenda yang tidak dapat kita yakinin sepenuh…namun untuk semua itu perlu kita pahami dan pelajari…menurut saya kian santang adalah penyebar agama islam khususnya di daerah jawabarat…saya sependapat dengan penulis jika ayahandanya tidak sepaham dengan kian santang yang akhirnya penyebaran agama islam menyebar di daerah jawabarat…akibat semakin luasnya penyebaran islam maka pengikut siliwangi bergeser ke daerah BANTEN yang disebut (suku badui)..mengenai makam kian santang alahualam..keyakinan saya makamnya terletak di antara gn gede dan gn salak yaitu didaeran JAMPANGKULON bogor…trmksh

  16. allhamdu, seur gening urang sunda nu masih peduli kana karuhuna urang sunda.

    maung pundung datang tungkul
    badak galak datang depa
    oray laki datang numpi……………

    tah eta salah sawios titinggal ti karuhun urang teh!

    + indonesia heunte dijajah salami 350 tahun brow, tapi nusantara duka. da pami teleupat mah indonesia nembe aya kaping 17 agustus 1945.

    hapunten ti pribados
    anu masih turunan kesekian ti dewata niskala galuh/kawali.

      • oman saputra
      • Februari 20th, 2014

      Datullah ki amarah,jin marah jin mati. Setan marah,setan mati. Badak galak datang nenggak. Oray laki datang numpi. Meng pundung datang amung..nya amung karaga badan awaking………….dst ,,,,,ditutup syahadat

  17. Wah senang betul bisa membaca sejarah nenek moyang

  18. Hanya kalau dikatakan Kian Santang itu murid sayidina Ali saya kurang sependapat karena Imam Ali itu hidup di abad ke VI sedangkan Kian Santang Diabad ke XIV beda delapan abad

  19. Haduh jadi waraas yeuh, rupina masih keneh seuer nu cinta kana karuhun urang euy !

    • Didit ti Bandung
    • Agustus 7th, 2009

    Klo saya g salah, ada dua imam Ali dalam dua versi. Versi pertama memang Ali bin abi Thalib ra, dan yang satu lagi adalah Imam ali bin Muhammad al Hadi. Kedua imam ini memang cocok dengan kurun waktu Prabu Kian Santang Sunan Rohmat Suci Godog belajar agama. http://kian-santang.blogspot.com/2007/09/ulama-sunni-bicara-tentang-12-imam_5942.html.
    Silakan di telaah oleh teman-teman.

    • Dudi Dermawan
    • September 9th, 2009

    kalau di garut mah makamnya di kaki gunung karacak Godog karangpawitan

    • sam’un al ghazi
    • September 14th, 2009

    Cerita nyata yang sangat menarik, It’s AMAZING!
    Itulah hebatnya Islam, boleh menggabungkan alam lahir dan alam ruh. Memang benar Prabu Kian Santang bertemu dengan Sayyidina Ali bin Abi Thalib karamallahu wajhah padahal zaman berbeda. Dan yang mengalahkan Gajah Mada adalah Kian Santang dengan Silat Sunda itupun zaman berbeda padahal Patih Gajah Mada lebih dahulu dari Kian Santang. Itulah kehebatan Ruh, Latifur robbaniah, jizmu latif, fu’adun. Karena Al Baqarah 154 mengatakan “apakah engkau mengira orang yang berjuang dijalan Allah itu mati? mereka hidup! dan kamu tidak mengetahuinya. Ini cerita sudah masuk ranah para WaliAllah, wali=wakil. Karena bagi orang2 Tuhan (orang2 barTAQWA) tak ada yang tak mungkin, Tuhan mengikuti perasan mereka saja. Dunia ini bagi mereka dilipat saja! . Dan orang yang paling berTAQWA diantara orang berTAQWA adalah NABI MUHAMMAD RASULULLAH SAW. Memang baginda sudah meninggal, tetapi jasad baginda tidak hancur!!! macam orang tidur saja!!! Wajah yang paling TAMPAN yang pernah ada! Bulan Purnama! Hinggalah Nabi Yusuf pun tersipu malu dengan Baginda Yang mulia! Bila Iman kita kuat, Aqidah mantap! Keyakinan tak tergoyahkan! Kita boleh melihat wajah baginda di Madinah Al Munawwarah. Hanya WAHABI error saja yang melarang! dibuatnya pintu (raudah) dikuncinya pula. Itulah Saudi Arabia kawan dekat Amerika. Makanya jamaah haji pulang tidak membawa haji mabrur, karena mabrur adalah anugerah Tuhan, dan itu Tuhan beriakn kepada Rasulullah SAW, dan beliau lah yang berwewenang memberikan kepada ummatnya. Itulah sistem Pemerintahan Tuhan, Hirarki Kerajaan Langit. Susah sangat kita ummat Baginda mau meluahkan rasa cinta kepada kekasih Allah. Bila lihat wajah Rasulullah SAW diharamkan neraka! Setelah Rasulullah SAW, jasad2 yang tidak hancur adalah jasad para Nabi dan para Rasul, jumlah Nabi ada 124,000 jumlah Rasul ada 313. Lalu jasad orang yang mati Syahid, para Khulafaurrasyidin, para Sahabat Rasulullah yang mulia ada 124.000 orang!!! lalu para Auliya Allah, seperti Junaeid Al Baghdad, Dzunnun Al Misri, Sirri As Saqatti, Syaikh Abdul Qadir Jaelani, Syaikh Bahauddin Naqsyabandi, Syaikh Ahmad Syazili, Syaikh Ahmad Badawi, dll wah banyak banget!!! Itulah hebatnya TUHAN!!! TUHAN!!! TUHAN!!! ampuni kami hambaMU yang lemah terlalu memainkan aqal yang terbatas ini. Sedang IlmuMU tak terbatas, bahkan yang tak terpikir sekalipun ENGKAU mengetahuinya. Punten ah!!

      • Ki Ibun/yoppy y.
      • Oktober 16th, 2009

      Muhun leres kang…
      Orang2 suci nu luhung ilmuna mah tiasa pendak sareng ruh2 yang diistimewakan.
      Walau beda alam n zaman.

      Eta nu kajadian sareng Eyang Prabu Kian Santang pendak sareng Ghoibna/Ruh Syaidina Ali…ku izin Allah, Eyang Prabu mah guguru sareng Nu Ghoib (Syaidina Ali)
      Ilmu tiasa turun cepet (laduni) ari ka orang2 suci mah
      Bissmillah…Kun Fayakun…

      Nuhun

  20. AA sadayanan nyuhunkeun konfirmasi “moksana” kerajaan Pakuan pajajaran

    Perundingan Yang Sangat Menentukan

    Satu hal yang sangat unik dari personaliti Syarif Hidayat adalah dalam riwayat jatuhnya Pakuan Pajajaran, ibu kota Kerajaan Sunda pada tahun 1568 hanya setahun sebelum beliau wafat dalam usia yang sangat sepuh hampir 120 tahun (1569). Diriwayatkan dalam perundingan terakhir dengan para Pembesar istana Pakuan, Syarif Hidayat memberikan 2 opsi.

    Yang pertama Pembesar Istana Pakuan yang bersedia masuk Islam akan dijaga kedudukan dan martabatnya seperti gelar Pangeran, Putri atau Panglima dan dipersilakan tetap tinggal di keraton masing-masing. Yang ke dua adalah bagi yang tidak bersedia masuk Islam maka harus keluar dari keraton masing-masing dan keluar dari ibukota Pakuan untuk diberikan tempat di pedalaman Banten wilayah Cibeo sekarang.

    Dalam perundingan terakhir yang sangat menentukan dari riwayat Pakuan ini, sebagian besar para Pangeran dan Putri-Putri Raja menerima opsi ke 1. Sedang Pasukan Kawal Istana dan Panglimanya (sebanyak 40 orang) yang merupakan Korps Elite dari Angkatan Darat Pakuan memilih opsi ke 2. Mereka inilah cikal bakal penduduk Baduy Dalam sekarang yang terus menjaga anggota pemukiman hanya sebanyak 40 keluarga karena keturunan dari 40 pengawal istana Pakuan. Anggota yang tidak terpilih harus pindah ke pemukiman Baduy Luar.

    Yang menjadi perdebatan para ahli hingga kini adalah opsi ke 3 yang diminta Para Pendeta Sunda Wiwitan. Mereka menolak opsi pertama dan ke 2. Dengan kata lain mereka ingin tetap memeluk agama Sunda Wiwitan (aliran Hindu di wilayah Pakuan) tetapi tetap bermukim di dalam wilayah Istana Pakuan.

    Sejarah membuktikan hingga penyelidikan yang dilakukan para Arkeolog asing ketika masa penjajahan Belanda, bahwa istana Pakuan dinyatakan hilang karena tidak ditemukan sisa-sisa reruntuhannya. Sebagian riwayat yang diyakini kaum Sufi menyatakan dengan kemampuan yang diberikan Allah karena doa seorang Ulama yang sudah sangat sepuh sangat mudah dikabulkan, Syarif Hidayat telah memindahkan istana Pakuan ke alam ghaib sehubungan dengan kerasnya penolakan Para Pendeta Sunda Wiwitan untuk tidak menerima Islam ataupun sekadar keluar dari wilayah Istana Pakuan.

    • budak baonxz
    • September 29th, 2009

    Prabu Siliwangi ayana dicirebon…hoyong pendak mah gampil upami panjang mulud sok aya ngilu ngahadiran tapi kedah kabuka heula mata bathina… rarayna pinuh ku rasa kaduhung…bisa diterjemahkeun maksud bahwa islam teh agama nu saleresna…/ieu mah ngaluruskeun wae bilih aya nu kasurupan/ nu gaduh ilmu nyurup aya nu ngaku -ngaku prabu siliwangi tong percanten tina pribadi prabusiliwangi nu saleresna lemah lembut memang raray mah sangar..,sananjan aya nu bisa nyurupkeun prabu siliwangi kana awak jelema. jelema eta kudu kuat ngimbangan ilmu kasaktian prabusiliwangi, sebab ilmu na masih nempel ngilu jeung lelembutan-na…tina cara manggilna oge pasti datang tapi moal ngadeketan paling jaga jarak antara 5 meter ngabandungan nu asup biasana nu boga ilmu nyurupmah mata bathina katutup wajar wae teu bisa ngabedakeun mana asli/mana nu ngaku-ngaku…ieu komentar ditulis berdasarkan pangalaman kuring nu ka-alaman…lain turutaneun wasalam

    • Toni
    • Oktober 11th, 2009

    Wallohu Alam…sejarah tinggal sejarah yg jelas apakah peninggalan beliau akan kt perdebatkan? apa hasilnya? jalanilah apa yang Allah perintahkan dan yang telah di contohkan oleh Rassul…intina Al-Qur’an & Al-hadist..Wasslm

    • Joko Hs.
    • Oktober 12th, 2009

    Ada juga saya pernah denger cerita, katanya yang mengislamkan Kian Santang adalah Syekh maulana Ishak, apa betul … ?

    • Ki Ibun/yoppy y.
    • Oktober 16th, 2009

    Assalamualaikum..Sampurasun…Nuhun dulur sadaya…

    Leres diantara Wali Allah yang mempunyai nama banyak diantaranya adalah:
    Aki Prabu Kian Santang dan Sunan Bonang.

    Di tiap tempat nu kantos didongkapan ku anjeuna gaduh nami2 deui.

    Senjatana oge seueur sareng namina oge seueur.

    Di Tanah Sunda nu pendak sareng Syaidina Ali sareng kenging Islam / guguru langsung (Ghoib)
    nyaeta:
    Prabu Kian Santang/Sunan Rohmat/Embah Jamin/Prabu Borosngora dll… seueur pisan.

    Ku izin Allah. tiasa kajadian sapertos kitu teh…

    Nuhun

    • topan
    • November 26th, 2009

    hoyong terang sejarah kandang wesi bungbulang kang ? hatur nuhun

    • dadang h.padmadiredja
    • Desember 6th, 2009

    HATUR NUHUN, PALING HENTEU NAMBAH AMBAHAN

    • awin
    • Desember 12th, 2009

    Para saderek sadayana, saya bingung sekarang ini pernah saya didalam mimpilah dibilang ada seorang ulama jubah putih bersorban bilang ama saya masuklah ke pengajian rahmatullah, sesudah itu banyak orang yg pinter mengatakan saya ini keturunan langsung yang ke 6 (enam) dari ki wirasena jadi disini saya bingung siapa eyang wirasena dan siapa prabu kian santang apakah masih satu orangnya ???? dalam waktu dekat saya akan pergi ke JAWA BARAT ke daerah sancang untuk ziarah ke makam karuhun soalnya kami sudah lama tinggal di daerah RIAU SUMATRA, Nasehat atau saran dan informasi jelas dari anda anda yang mengerti saya sangat nantikan trima kasih.

    • maya
    • Desember 15th, 2009

    yang saya tau,
    Begini awalmulanya,
    di karawang hidup tuan Syekh Quro (Qurrotul ‘ain), beliau mempunyai gadis nan cantik jelita.
    beliau adalah orang pertama yang menyebarkan agama islam di indonesia sebelum adanya wali songo.

    kemudian Prabu siliwangi ini nongol, beliau naksir dengan anaknya tuan syekh Quro.
    dengan kesaktian yang dimiliki oleh Prabu Siliwangi, beliau menghadap ayahnya sang gadiscantik itu ga lain ialah Tuan syekh Quro.
    dengan sombongnya Prabu siliwangi meminta gadis itu untuk menjadi miliknya dengan memperlihatakan kesaktian yang ia milikinya kepada tuan syekh quro.
    kemudian tuan syekh Quro berkata bahwa ilmu yang dimiliki Prabu Siliwangi g seberapa dengan ilmunya ALLAH..
    Prabu siliwangi itu bertanya, Siapa itu ALLAH??
    karna Prabu siliwangi belum memeluk agama islam,beliau masih memeluk agama lain.

    akhirnya tuan syekh quro menerima Prabu Siliwangi utk menjadi menantunya nya asalakan dengan syarat yang diajukan oleh tuan syekh qoro.

    kemudian dengan sombongnya, prabu siliwangi menantang syarat yang akan diajukan dengan kesaktian yang dimilikinya.

    akhirnya tuan syek quro memberi tau syaratnya,
    persyaratanya adalah memberikan BINTANG KEJORA kepada tuan syekh quro.

    dengan sombong nya prabu siliwangi meng iya kan persyaratan itu dan dianggap mudah.
    dengan segala kesaktian yang dimilikinya, ia mencari dimana letak keberadaan BINTANG KEJORA itu…???

    namun tak jua ia temukan… kemudian ia kembali menghadap syekh Quro, dan menanyakan sebenarnya ada dimana Bintang Kejora itu berada???

    sYEKh quro menolak memberi tau, dan menyuruh prabu siliwangi mencari tau sendiri dimana keberadaan BINTAng itu dengan segala kesaktiannya dan ilmu yang dimilikinya…

    Truss prabu siliwangi tak putus asa mencarinya,,,namun tak jua menemukannya.
    ia kembali mengahdap Syekh Quro dan bertanya tentang keberadaan BINTANG itu.

    ahirnya syekh qoru memberi tau dimana Keberadaan BNTANG Itu, ternyata ada di Masjidil Haram.
    dengan secepat kilat ia menuju masjidil haram/tanah suci.
    namun sesampainya ia disana,dengan kesaktian dan ilmunya ia tidak dapat masuk kedalamnya.
    shingga membuat ia kembali menemui syekh quro dan mengatakan bahwa ia tidak masuk kedalamnya.
    Tuan syekh quro bilang hanya dengan membaca BISMILLAH ia bisa masuk kedlamnya.

    secepat kilat ia menuju Masjidil Haram dan mengucapkan BISMILLAH di dpan pintu, aneh ia langsung bisa masuk kedalamnya.
    ia melihat ada sesornag yang sedang duduk didalm masjid itu sambil memegang tasbih dan ternyata itu adaalh BINTANG KEJORA..

    dengan sigap ia mengahmpiri dan meminta BINTANG itu, sungguh terkejutnya ia karna ternyata orang yang sedang duduk dan memegang tasbih itu adalah TUAN SYEKH QURO.
    Tuan syekh quro memberikan bintang itu sebagai syarat ia menikahi putrinya..
    DAN disitulah ia bersyahadat dan memeluk agama islam, n menikah dengan anaknya Syekh Qoro.

    jadi k.santang sudah islam dari sejak lahir, karna ayahnya PRabu siliwangi sudah masuk islam sejak menikah dengan putri Syekh Quro,….

    saya dapat langsung cerita ini dari kaka saya yang hingga sekarang dapat berkomunikasi dengan ayahnya k.santang yaitu Prabu siliwangi.. dan juga k.santangnya.
    bukan cuma sekedar komunikasi tapi kaka saya mengaku bahwa PRABU SILIWANGI dan Kian Santang adalah Khodamnya.
    karna kaka saya dapat menaklukkan Mereka.

    saya percaya itu, karna suatu hari saya pernah mendapatakan masalah yang cukup berat buat saya, saya cerita ke kaka sya, dan kaka saya meminta bantuan kepada Mereka (prabu siliwangi&k.santang) utk mendampingi saya menghadapai masalh saya.
    benar2 diluar dugaan saya, waktu itu saya bisa dengan tenangnya mengadapi masalah saya dan saya lantang dalam berbicara dengan orang yang berkedudukan.

    kaka saya juga bilang, bahawa KEBERADAAN MAKAM KIAN SANTANG ADA DI KEBUN RAYA BOGOR.
    kaka saya diberi tahu langsung oleh beliau..

      • wong kalongan
      • Maret 29th, 2010

      menurut saya makam prabu kian santang ada di pekalongan tidak mustahil karena prabu kian santang suka mengembara jangankan pekl mekah malaisia aceh cina dan negara2 lain pun pernah di datanginya apalagi kakeknyapun di pekalongan yaitu syeh maulana mahribi wonobodro

      • ratulebah150
      • Juli 2nd, 2010

      sok tau neng maya…
      emang neng maya percaya sama makhluk kaya gitu??
      bisa aja mereka jin kafir yang cuma mengaku-aku,, lagi pula ga mungkin prabu siliwangi dan prabu kiang santang(meskipun cuma khadam nya saja) bisa dikalahkan oleh manusia biasa, mengingat mereka orang-orang sakti pada masanya

      bukannya merendahkan tapi kalau bisa tolong buka tabir kerajaan pajajaran yang dengan sengaja di tutup oleh prabu siliwangi

        • aria jipang
        • Juni 1st, 2012

        bener neng maya,coba aja kalo ketemu mereka lagi,suruh mereka balik badan! kalo ada ekornya berarti setan/jin/nugarelo!

    • Mhn Mf sblm-nya kpd Ka2 dr Sdri Maya….
      Aq agk bingung n ragu dgn ktrgn bhw Prabu Siliwangi @ Rdn Pamanah Rasa dan Putranya ( Rdn Sangara / Rdn Kian Santang ) bisa n tlh ditaklukan…krn skrg kddkn bliau2 adlh lbh tinggi dr qt yg msh hina d mata Allah SWT krn bliau2 skrg adlh Wali Allah…yg brkaromah yg slalu brdoa n brzikir kpd Allah SWT.
      Kyknn aq bhw yg ditaklukan adlh slh satu khadam dr skian byk khadam n ktrnn n prajurit bliau…tdk msk akal bhw seorang manusia bs menaklukan Wali Allah.
      Bliau mmg mnyukai org2 yg saleh n taat bribadah yg nantinya bliau sk dtg n brhubungan scr batin atw gaib dgn ckp mnyebut namanya aj.
      Jk bnr ap yg ditaklukannya adlah BNR2 BLIAU
      ( PS n KS ), klo blh aq minta ap ciri2 bliau scr fisik saat brtemu dgn-nya…
      Tlg diingat bhw byk manusia yg brusaha untuk brtemu bliau tp bs slh yg dituju krn Khadam/Jin/Syetan/Makhluk Gaib yg lainnya jg bs brwujud spt bliau2 pr Wali Allah mk dr itu :
      Jk bnr ap yg ditaklukannya adlah BNR2 BLIAU ( PS n KS ), klo blh aq minta ap ciri2 bliau scr fisik n lahir saat brtemu dgn-nya…ad ap aj yg melekat d tubuh bliau n dengan ap atw siapa bliau dtg n ap cirinya n brp jmlh-nya?
      Brp jmlh istrinya n siapa aj putra2nya n dmakamkn dmana?
      Nyai Subang Larang adlh bkn Putri dr Syech Quro tp adlh mrpkn slh satu santri wanita dr Ponpes Syech Quro d Krwg.
      Mmg trlalu byk n pnjg jk mmbhs ttg bliau krn mrk adlh org2 bsr d jmn-nya yg byk brpengaruh stlh bliau2 tlh tdk ad.
      Aq bkn mo brdebat tp cm mo sdkt mluruskn aj dr brbagai ktrgn ttg sjrh, warisan n pr ktrnn bliau jk ad yg krg tpt krn msh byk hal2 yg msh mrpkn misteri krn ad hal2 yg hrs ttp drahasiakn n ttp djaga agr tdk dsalah gunakn.
      Aq Mhn Mf jk tlh lancang brkomentar spt d ats tp bliau jg msh trmsk ktrnn aq jg n mgkn qt2 smua yg nenk moyang qt brasal dr Tanah Sunda n bliau slalu mnjaga n menengok qt pr ktrnn-nya yg pkrn n hatinya lurus…
      1x Mhn Mf n Mklm y.
      Thx

    • hayyyyyyyyyyyy…..
      cantik lg ngapain sayang

      • aria jipang
      • Juni 1st, 2012

      pantesan ada lagunya tuh bintang kejora!

      • aria jipang
      • Juni 1st, 2012

      sip…

      • AKANG DAGUL
      • Juni 23rd, 2012

      sampurasun lur abdi.bade.tumrs pami lrs raka salira tiasa komunikasi srg prbu siliwangi jng k.kiang santang pang taros kn kmha sjrgh anu sa.lrs.na srg leres te.anjn.na pendak srg syaidina ali trs di.mana letak.tpt na kraton kraja.an pajajaran.mung sakitu .ti jishm abdi.htr nuhun

  21. Suatu hari sejarah yang sebenarnya tentang Sunda Besar akan terbuka …

    Termasuk cerita kian santang yang katanya mengejar ngejar mbah prabu siliwangi untuk meng islamkannya … memang benar begitu … tapi apa benar mbah prabu siliwangi belum islam ??? atau mungkin kian santang berguru pada murid mbah prabu siliwangi tanpa ia ketahui sehingga terjadi hal seperti itu ???

    Saat itu kita akan menyadari bahwa betapa hebatnya orang sunda di bandingkan dengan

  22. Mas Aku Boleh taya Ga…!?
    Siapa Ki Raden Teranggaluh Dari Alas sroban…!?
    Sama Ki Gendam mayit Dari Ala Sroban juga…??
    atas Pertayaan,
    Setau saya Eyang Prabu Siliwangi Belum Masuk islam,Karna Beliau Belum Yakin Pada Dirinya 100% Masuk Islam.

    • ki baraja
    • Desember 30th, 2009

    waaah… lalieur…..

    siga nu hareueuh ngomong teh…..

    • mamah
    • Desember 31st, 2009

    Heu-euh nya, seu-eur teuing dahar kolecer tah jadi lieur.
    Sakalian atuh tanya Ki Gendeng Pamungkas, Ki Djoko Bodo sama Ki Wiro Sableng siapanya Ki An-Santang…???

    • Ki Nanggung
    • Januari 3rd, 2010

    sagala rupa ge kedah ku elmu, sanes? Pami sakaheuay mah sim kuring ge tiasa. Sing areling atuh..

  23. Eleh2 Jeng Na Abdi nya Cuma Naya Doang ==a
    Mang Ga Buleh Yah Y_Y
    Jeng Nah Abdi Teh Utusan Raden Kian Sungsang….!!

  24. satuju ka Ki Nanggung. cag!!!!!

    • gandara
    • Januari 22nd, 2010

    He..he.. saya kian santang, ada yang nyariin saya???

    • joko widodo
    • Februari 1st, 2010

    saya sangat antusias membaca sejarah yang berkaitan engan penyebaran agama islam di pulau jawa. mari kita contoh para leluhur kita

    • baguspekerti
    • Februari 11th, 2010

    terang heunteu artina kian santang tibahasa sunda..sok anu mengaku orang sunda asli…

    • Anak Baduy
    • Februari 12th, 2010

    Assalamu’alaikum,

    Sebaiknya bagi yang ‘tahu’ cerita penyebaran Islam di Pasundan bukan dari penelitian, misalkan cuma baca sekedar tahu dari situs internet atau komik tanpa ada penelitian lebih lanjut, gak usahlah berkomentar.
    Sangat disayangkan sekali kalau cerita2 mistis yang gak masuk diakal dan bertentangan dg syari’at dinisbatkan kepada beliau, Prabu Kian Santang.
    Kalau yakin Kian Santang beragama Islam, maka beliau yang sudah belajar ke Negri Arab, pasti tahu persis siapa golongan yang dimurkai Allah (Yahudi: Pintar punya ilmu, tapi gak mau ibadah) dan siapa golongan yang disesatkan (Nasrani: Dungu pengennya ibadah, gak peduli diperintah atau dilarang yg penting ibadah sampai Nabinya sendiri diibadahi, sedungu orang2 yang ngewirid tertentu untuk bertemu/memiliki Qarin/Khodam tertentu, sampai Jin disuguh dan diibadahi).

    Wallahu’alah.

    • Ass Wr Wb selamat siang Saudaraku Anak Baduy,saya hanya ingin meluruskan bahwa” Barangsiapa manusia yg telah menemukan Jatidirinya akan mengetahuiKU(DZATnya) baik dan buruk ALLAH yg ciptakan bknlah manusia sifatnya BAQO,Sesungguhnya AKU tdk jauh dari urat nadimu, Janganlah kalian bangga kpd siapapun atau apapun tetapi banggalah kalian kpd DZTTULLAH yg menciptakan langit ,bumi dan manusia serta isinya dunia ini,kita boleh fanatik tetapi fanatik utk diri sendiri sbg ciptaan utk org lain masing2,Wassalam

    • shohib el an nam
    • Februari 18th, 2010

    ass. terima kasih mas atas info blog anda… saya baru tahu dan ternyata yg selama ini saya dapatkan dari orang-orang banyak yg salah. mereka mengatakan bahwa ki Kiansantang adalah Sunan Gunung Jati yang makamnya di Cirebon…. saya bingung dan saya merasa ragu….

  25. saya mau tanya keberadaan makam syeh datuk abdul iman menurut habib lutfy pekalongan yang berlokasi di jenggot peklselatan pekalongan apakah makam tersebut juga makam prabu kian santang trims

    • Dmsyarif
    • Maret 22nd, 2010

    punteun nya kasadayana.abdi oge gaduh carita.sagumeularna abdi ka dunya’ete anu nungkulan lahir abdi nyaeta Prabu surya kencana,

    • Linggasaputra
    • Maret 23rd, 2010

    Mohon maaf,krn sy sendiri merupakan asli orang GARUT,sy mau mengoreksi bahwa HUTAN SANCANG bukan berada di daerah TASIKMALAYA tapi di daerah PAEUNGPEUK GARUT tepatnya di Kec.CIBALONG Ds.SANCANG.Demikian yg dpt sy sampaikan.

    Hatur nuhun Kang Linggasaputra tos kersa sumping ka ieu blog, sareng hatur nuhun atas koreksi na…

    • rian
    • Maret 29th, 2010

    yang pasti ada d godog garut…d masih ada sampai menitis kepada orang yg d pilih sekarang yg ke 13…

    • gagak lumayung
    • April 23rd, 2010

    ah engke oge bakal k bongkar deui sejarah nu benerna…. nu penting mah urang ngadeukeutkeun diri ka alloh. jauhi larangana laksanakan perintah alloh…. agar kita selamat di dunya selamat di akherat bener teu lur?????

    • husein rosyid jayanagara
    • Juni 1st, 2010

    jd bingung nh…yg benar ibunya kian santang dewi kumala wangi apa nyai subang larang…mohon di informasikan kembali ya kang…

    • ratulebah150
    • Juli 2nd, 2010

    betul tuh,, yang prabu kiang santang temui waktu di arab bukan Sayyidinna Ali bin Abi Thalib RA sahabat Rasulullah tapi seseorang yang kebetulan juga bernama “ALI” coz selisih tahunnya jauh bgt tuh….

    • fey
    • Juli 24th, 2010

    saya jd pengen tau lebih banyak lagi tentang keberadaan makan mbah jaya perkosa dan mbah terong peot…
    trima kasih….

  26. petani jabon mampir nich,,
    salam…

    • Aris Setiawan
    • September 13th, 2010

    Asslm..Wr.Wbb..
    Mas, sy mau tnya klo Prabu Siliwangi sebenarnya punta istri brp? krn stlah sy bc dr istri yg ptama (meninggal sjak ank2nya msh kcil) pnya dua putra (banyak cokro & banyak ngampar)dari istri yg kedua (Kumudaningsih) pnya ank dua juga yaitu banyak blabur & banyak pamungkas..
    smentara sy bc lgi dr kisah lain bhw istri keduanya (nyai subang larang) pnya ank tiga (satu laki2 & dua prempuan) yaitu (prabu kian santang, nyai rara santang & raja sangara)
    Mohon pnjelasannya ya Mas.. dan klo pnya foto prabu kian santang tolong dikirim via email saja ya..
    terima kasih atas perhatiannya dan supportnya

    note: kepada para saudara ku apabila pnya kisah lengkap ttg Prabu Siliwangi mhon dikirim via email saya.trm ksh sblmnya

    Wass..
    Aris Setiawan

    • Ass Wr Wb @ Aris saya ingin menjelaskan yg selurus2nya utk Aris atau kpd Siapapun yg ingin tahu dngn sejatinya Kanjeng Prabu Siliwangi dan Kanjeng Prabu Kian Santang dngn menjabarkan secara lisan/tulisan tanpa bertatap muka nantinya timbul cang caya dan cuma ceunah,dngn datang kermh saya tlpn dulu ke Simpati saya Mudah2an krn ALLAH Maha Tahu dngn syareatnya saya sbg ciptaan bisa mnejalin tali silaturahmi utk kedepannya Nuhun.Wassalam Wr Wb

    • danny
    • September 14th, 2010

    tertarik sekali & ingin lebih banyak tau ttg prabu siliwangi & kian santang

    • Effendi Jauhari
    • September 17th, 2010

    ceritanya banyak versi, yang benar mana saya bingung tapi yang jelas beliau adalah tokoh islam yang sangat sakti dan segani dijamannya.

  27. wah..fey ..comment mu yg paling ok… :)

    • Kie
    • September 22nd, 2010

    Buat semuanya, …
    Kalo mo komentar ya harus jelas
    sumbernya, jng ngacapruk lah
    itu menyesatkan. apa lagi cerita itu berasal dari orang yang sumbernya ga jelas alias “katanya/konon” baca bukunya “CARUBAN NAGARI” atau sejarah kota bogor
    Ada satu pertanyaan KENAPA KIAN SANTANG TIDAK PERNAH NGAJI KE PESANTREN QURO? ibunya kan alumni sana?
    Yang jelas
    “AGAMA YANG DIRIDOI ALLAH
    ADALAH AGAMA ISLAM”

  28. Bagus… tapi saya binggung terlalu banyak versi yang menceritakan sejarah prabu kiansantang… manakah yang benar….????

    • dadang padmadiredja
    • Oktober 5th, 2010

    aya oge anu nyebatkeun yén Kian santang téh Raja Sangara putra katilu Prabu Siliwang9 (Sri Baduga Maharaja) anu ngéléhkeun siluman di Palabuan Ratu, sarta anjeuna dimakamkeun di Godog Garut sarta katelah Syeh Rahmat Suci tea. Nu mana nu leres lur. Upami numutkeu di luhur mah, rupina Pangeran Cakrabuana/ walangsungsang anu muka wewengkon caruban (Cirebon ayeuna)
    Nyuhunkeun waleranana, supados teu bingung
    Hatur nuhun

    • irawan satya
    • Oktober 11th, 2010

    LUR. PANGERAN KIAN SANTANG adalah PUTRA MAHKOTA PAJAJARAN / PUTRA PRABU SANG SUSUK TUNGGAL (RAJA SUNDA TERAKHIR dan juga RAJA PAJAJARAN PERTAMA. 1382-1482.M )
    Setelah SECARA SIMBOLIS DINOBATKAN menjadi RAJA PAJAJARAN (karena dilakukan oleh TUMENGGUNG JAGABAYA yang MEWAKILI PRABU SANG SUSUK TUNGGAL) dan mendapat KACAKRAWARTYAN MANGALA/ PRATANDA KEPRABUAN/ TANDA SEORANG PRABU. dengan GELAR RESMI PRABU SRI MENGANA.
    PRABU SRI MENGANA harus ke KUTARAJA untuk menerima TAHTA.
    PRABU SRI MENGANA kemudian pada +/- thn.1479.M meninggalkan PAKUWUAN CIREBON untuk kembali ke PAKUWUAN BOGOR / KUTARAJA
    Dalam perjalanan PRABU SRI MENGANA melalui SANCANG, GARUT, CIANJUR hinga ke BOGOR sambil melakukan SYAR ISLAM.
    Hingga baru pada thn.1482.M tiba di BOGOR.
    PRABU SRI MENGANA kemudian DINOBATKAN KEMBALI menjadi RAJA secara RESMI OLEH RAJA yang SEDANG BERKUASA yaitu PRABU SANG SUSUK TUNGGAL (1382-1482.M) dengan penyerahan TAHTA serta mendapat GELAR BARU PRABU SRI BADUGA MAHARAJA (1482-1521.M)

    • irawan satya
    • Oktober 11th, 2010

    jadi untuk mencari MAKAM PRABU KIAN SANTANG kita sama saja harus mencar MAKAM PRABU SRI BADUGA MAHARAJA.

    • el
    • Oktober 14th, 2010

    to irawan satya

    henteu kitu oge bung, makam teh jaman ayeuna tos jadi patilasan oge jadi teu tangtu, mun milarian nu aslina mah hese pisan atuh kumargi henteu aya sumber referensi anu pasti kanggo nentukeun dimana letakna beliau wafat.

    “ULAH ERA BAHASA SUNDA KASEP, TONG ELEH KU URANG JAWA”

    • ade casmita
    • Oktober 16th, 2010

    ikut nimbrung ah…menurut cerita yang saya dengan dan saya baca sbb :
    diakhir lalakon walngsungsang menyebarkan islam di bumi pasundan..beliau sempat datang lagi bersama keponakannya yaitu sunan gunung jati(anak nyimas lara santang)ke pajajran untuk mengajak prabu siliwangi yang juga ayah walangsungsang dan kakek sunan gunung jati agar masuk islam…akan tetapi atas saran buyut talibarat istana pajajaran berikut penghuninya akan dihilangkan (ngahyang) dari pandangan mata kasar agar tidak terlihat…akan tetapi bagi walangsungsang dan sunan gunung jati yg memiliki karomah semuanya bisa dilihat..sehingga sebagian besar pejabat kerajaan dapat ditangkap dan masuk islam..sebagian lagi berjanji akan masuk islam nanti di akhir jaman..dan sebagian lainnya diminta jaga 9kemit) di keraton Cirebon. dalam pertemuannya Walangsungsang dgn ayahnya (prabu siliwangi) ternya prabu siliwangi masih berpgang teguh pada ajaran jati sunda dan tidak akan menghalangi penyebaran islam di tanah sunda…….selanjutnya Prabu Siliwangi menyatakan berhenti sebagai Raja kemudian moksa menjadi harimau putih untuk tetap melindungi rakyat sunda dari kejahatan dan kemungkaran….konon di daerah jampang surade/sukabumi pernah terjadi penampakan harimau putih untuk mengingatkan bahwa Siliwangi masih ada…

    • mamaasep
    • Oktober 20th, 2010

    mamaasep :
    kalo yg di maksud barangkali ya, keris jaman penguasa mataram pertama mungkin ada pada kawan namun biar jelas detilnya minta di kirim cirinya seperti apa trima kasih. coba di lihat diincuprabu.multiply.com di situ ada beberapa pusaka yg salah satunya peninggalan Raja mataram pertama

    • mamaasep
    • Oktober 20th, 2010

    apapun pendapat,dan namanya pendapat tidak akan sama dengan pakta yang sebenarnya karena semua haya merupakan hasil dari tafsiran tiap manusia yg merasa memahami semua sejarah,kenapa karena kita tidak hidup dalam jamanya pada waktu itu, contoh kitab SUCI AL’QURAN yang saya tahu dari surat ke satu sampai dengan surat 114 terakhir (kalo salah mohon di maaf) surat yg di baca sama tapi kenapa aliran banyak yang beda padahal KITAB yg di baca sama AL’quran,
    sedangkan KANJENG NABI MUHAMMAD tidak pernah mengajarkan aliran aliran selain islam yg satu,tapi sekarang macam macam aliran. itulah sejarah yang membawa perubahan paham tiap manusianya! kenapa karena ada sifat yang merasa dinya lah yg paling benar yg lain semua salah padahal
    ada satu ayat yang mengatakan MAN AROFA NAFSAHU FAQO’D AROFA ROBAHU artinya siapa siapa yang sudah mengetahui jadi didinya pasti tahu siapa penciptanya.dan siapa yang menetahui siapa penciptanya pasti merasa dirinya bodoh.wassalam

      • asep lukman N
      • Juni 18th, 2011

      Betul,menurut saya hal itu terjadi karena zaman sekarang kebanyakan hanya baru bisa sebatas baca ALQURAN dan mengartikannya tetapi blm bisa mengkaji makna atau isi dari bacaan dan artinya itu
      setahu sy ilmu di Islam itu ada 4 dan ada 4 Imam,jadi klu mau th persis harus bisa mempelajari ke 4 nya secara bersamaan jangan cuma satu2.

    • aris
    • Oktober 22nd, 2010

    aris :
    kak mu nanya nih le kga ? ………..

    • el
    • November 7th, 2010

    aya naon ris??

    • mizan
    • Januari 1st, 2011

    menurut saya, jika kita lihat dari sejarah hidupnya ali,,, saya yakin seyakin yakinnya,, bahwa kian santang yang sebenar nya memang bertemu muka dengan khalifah ali,,,mau bukti,,?
    mari kita lihat,,,, ” darimanakah kian santang mendapat kan gelar ” kian santang” itu..?
    menurut kisah : dulu pernah terdapat putra mahkota yang sakti mandraguna bernama GAGAK LUMAYUNG yang dalam ceritanya “di tataran suda dan sekitarnya ,tak ada yang mampu mengalahkan ilmu kesaktiannya. hingga suatu saat datang pasukan dari dinasti “TANG” yang hendak menaklukkan kerajaan tarumanegara. namun berkat gagak lumayung ,pasukan TANG dapat di halau dan tunggang-langgang meninggalkan taruma negara.
    semenjak itu raden gagak lumayung di beri sebutan ”KI AN SAN TANG” atau yang artinya ”penakluk pasukan tang”

    nah dari sini kita sudah mengetahui bahwa walasungsang beda dengan kian santang,,, karna nama kian santang adlah gelar dari “gagak lumayung”.dan untuk membuktikan ini,,, mari kita lihat rentang hidup khalifa ali.. dengan waktu kerajaan Tang,,,

    ali hidup pada tahun : 655-661 Masehi
    dinasti tang berdiri : 618 – 907 masehi

    dari runtun waktu ini bisa di pastikan bahwa kian santang memang bertemu langsung dengan ali,,, adapu orang banyak salah sangka sepertinya, mereka menyangka bawha kian santang itu adalah raden walasungsang sendiri, padahal dia hany mengambil kisah kian santang karna hampir sama dengan cerita hidupnya.

      • ratulebah150
      • Mei 21st, 2011

      waduh klo dari sejarah yang ane baca selisih tahun zamannya sayidina ali dan prabu kian santang hampir 500 taon gan,, lagipula waktu itu islam belum menyebar ke daratan pulau jawa.. baru sampe di sekitar samudera pasai sono..
      dan yang ane tau prabu kian santang itu ya prabu walangsungsang
      coba deh baca sejarah penyebaran islam di pulau jawa atau sejarah kerajaan pajajaran, itu buku dua klop bgt ceritanya,, yah ini sih sekedar berbagi aja

  29. Lah teu kudu apal asal-usulna jalan hirupna, nu kudu apal mah intisarina Ajaran Islam anu diajarkeun ku Aranjeunana ka turunana nepi ka urng ayeuna. Sabab anu bakal karasa ku urang ayeuna mah nikmatna ajaran Islam anu diajarkeun ku Aranjeunana teh sing nepi kana caangna Islam, ulah ngan saukur Islam teh diucapkeun wungkul jadi kabanggan biwir, tapi Islam teh nu utamana mah kudu dilaksanakeun kalayan ikhlas ulah karena urng hayang ka Syurga jeung sieun ku Naraka nu ngadorong ngamalkeun Islam teh tapi kudu karena urang teh bener2 hayang nepi ka Dzatna Alloh Nu Maha Esa da dalilna oge “Asal ti Alloh Balik deui ka Alloh” ulah balik kanu lian, lamun aya nu nyebutkeun bisa panggih jeung Syeh atawa Wali di zaman ayeuna berarti Syeh/Wali teh can salampurna maotna, da ari maot nu sampurna mah nyaeta “leungit minyakna pareum seuneuna” euweuh tapak2na acan di dunya, anu bakal hirup langgengna mah di dunyana teh karya2 na wungkul jeung amal2na nu pernah dipigawena keur hirupna baheula sedengkeun ari diri nu sajatina mah geus balik deui ka Alloh moal mungkin ka dunya deui, lamun bisa keneh ka dunya sanggeus maot eta hartina paehna can sampuna cindekna can balik deui ka asalna ti Alloh, ceuk kateranganana oge dina Qur’an yen Al-Qur’an teh keur jalma2 anu berfikir jeung gunakeun akal maraneh…

      • Abdul Karim
      • November 11th, 2011

      Punten..pan jenengan.. pribados. tos kaditu kadieu nyukcruk jalur milari laratanana. Manawi sareng manawi salira tiasa maparinan jalan ka pribados kanggo ngabuktoskeun, anu kusalira di sebatkeun ” ASAL TI ALLOH BALIK KA ALLOH ” ieuteh kumaha jalana ? kamana Jalanan? pribadosmah hoyong anu karasa nyata, mun teamah enya aya anu ngabuktoskeun ka pribados kitu.
      Pribados teh tos bosen saur cenah bin euceukmah.

      Manawi salira teu janten rengat galih, aya ridona maparinan bongbolongan ka pribados nu ngantos.

    • R Ermawan Hadiwinoto
    • Januari 25th, 2011

    jgn usik sejarah…tetap brsyukur dan ber istiqomah dr apa yg kita miliki…

    Allah merahmati semua umat manusia yg berjuang…dan perjuangan itu tdk hrz memakan korban…

    dmn pun makamnya yg penting kita tw kl dia udah bjasa…
    mintalah smwa kpada Allah…
    Allah akan meratakan kuburan dr setiap umat yang memiliki karomah demi umat manusia sendiri…dalam arti lain untuk menghindari kemusyrikan…

    iman umat manusia di akhir jaman setipis benang merah…secepat subuh menjelang fajar…

    maaf kl da kata2 yang salah…

    • sunda indo
    • Januari 29th, 2011

    menurut hemat saya tp masih boros:
    nu jelas mah, nu puguh mah, urang sunda katurunan jalmi sakti, upami hoyong sakti salamina kedah neubihan laranganNana, ngajalankeuan parentahNa, nurut kana hadist Rasul sareng kana Al-quran.
    punteun ah bilih leupat, rumaos jalmi bodo, kumeleulenang di dunya oge masih atog-atogan

    • muhammad abdul azis
    • Januari 31st, 2011

    terimaksih atas penjelasan ttg sedikitnya sejarah eyang prabu kian santang, kang saya mau nanya? tolong kirim ke alamt email saya ttg susunan nasab ke bawah dari ketrunan eyang prabu kian santang yang masih ada.
    terimakasih

    • putri campa
    • Februari 4th, 2011

    orang sunda bilang kalo Goha itu tempat pendaringan/ kamar suci untuk para leluhur ditempatkan. orang sunda bilang kalo makkah itu adalah makkoh, yaitu Petilasan / Candi yang ga ada ujungnya alias candi gundul, dimana ditempatkan para leluhur buhun itu bersinggasana. orang sunda bilang nama Ki Santang itu bukan Kian…. Ki adalah Pendeta, kalo kiayi yang nyebuti orang belanda dgn lidah cadelnya. orang sunda bilang…. jgn sepelekan tentang tahun dan nama Ki Santang…. tulah katanya…. awas demam mendadak….

      • SI BONCEL MACAN TAMPOMAS
      • Oktober 24th, 2013

      Heuheuyyy hideuh, lain goha atuh ari Padaringanmah, tapi goah. Padaringan teh tempat/kamar khusus nyimpen Beas alias beras make gentong tina taneuh.
      Ulah pahili antara dongeng jeung sajarah ah, bisi sasab.

    • putri campa
    • Februari 4th, 2011

    muhammad abdul azis :
    terimaksih atas penjelasan ttg sedikitnya sejarah eyang prabu kian santang, kang saya mau nanya? tolong kirim ke alamt email saya ttg susunan nasab ke bawah dari ketrunan eyang prabu kian santang yang masih ada.
    terimakasih

    pahami dulu pribadi anda dan silsilah anda yang benar…. baru nanti akan tahu dengan jelas.

  30. urang sunda sing sauyunan….teangan elmu saloba lobana jang kamaslahatan…..sateu acan nyekar atanapi ziarah kanu tebihna langkung sae urang nyekar/ ziarah ka karuhun urang heula anu caket…….karaos ku simkuring, ari sasih mulud teh gaduh rencana ziarah teh sok kanu tebihna heula,…..hapunten pisan karuhun !….simkuring tos nambelarkeun,…PRO CARI KABAROKAHAN N REPRESING>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>SUNDA JAYA

    • mang dayat
    • Februari 26th, 2011

    makam pangersa kian santang(jenengan sateuacan lebet islam)atanapi rohmat(saparantos lebet islam)atanapi syech abdurrohman ayana di godog,suci, garut,aya nu nyebatkeun tempat ieu gunung bulistir, dipengkereun makam aya bangunan anu disebat batu kandaga nya eta tempat dimana disimpen cacandakan pangersa mulih ti mekah nyaeta al-qur’an,cai zam-zam sareng taneuh,ieu teh mangrupi simbol. al-qur’an pituduh kanggo kahirupan manusa,cai kanggo kahirupan manusa/alam sareng taneuh asal dzat manusa. mulih ka tanah jawa disarengan ku syech dora ti bagdad anu makamna ayana disahandapeun pangersa palih kanan saparantos tangga. wirid anu diajarkeun pangersa nyaeta “subhana robbiyal a’lla wabihadihi”
    illa ruhi khususon sunan rohmat fie godog suci garut bibarokati al fatehah…
    hapunten anu kasuhun kapara kasepuhan parantos wawantunan,abdi bade ngalangkung……………….

    • arisman ramli
    • Maret 3rd, 2011

    boleh saya tany….!!
    sebenarnya apa sich yg diperebutkan itu???
    seberapa manfaatny kah sehingga jadi bahan rebutan???

    • amin
    • Maret 8th, 2011

    Kalau melihat penceritaan di atas, terlihat ada ketimpangan dalam hal menempatkan antara sosok Kian Santang dgn Ali Bin Abi Thalib…..ketika bersinggungan mengenai tanggal kelahirannya. Amat janggal jika seorang Kian Santang yng dilahirkan pada thn 1423M bertemu dengan Syaidina Ali Bin Abi Thalib yang lahir pada masa tahun 570-an Masehi, apalagi dengan Nabi misalnya, kecuali benar diketahui tepatnya kapan Kian santang dilahirkan dan itupun harus mengacu kepada tahun 570-an Masehi jika ada cerita beliau bersinggungan dengan pertemuan baik dengan Nabi maupun sahabatnya (Ali Bin Abi Thalib)

  31. dimanapun makamnya yg pentingmah ajaran islamnya yg harus dicarimah gitu ganti.

  32. Tmn2 blogger yg sy hormati.
    Sy jg ga tau psti, dngar kbar dr gris kturunan ibu, bhwa sy jg ada drah dr kiang santang tp yg dMksud dSni sprti hal’y Macan Lodaya.Konon crta’y mlndungi 7 turunan.
    Kbar trakhir yg sy tau, bahwa kiang santang tu bs hadir di uwa sy (kakak’y ibu), apakh tu bnar?
    Tmn2 blogger, sy mnta pnjlasan’y.

    • sunan fatekh
    • Maret 12th, 2011

    sejarah itu kan katanya kalo ingin tahu yang sebenarnya tanyakanlah langsung kepadanya.

    • yudi
    • Maret 27th, 2011

    He…3x,ia betul adanya bhw perbedaan tk bs luput walau masing2 meyakini bhw beliau adl wali,ak sngt menghargai sikap2 spt ini krn hakikatnya bnyk sisi yg blm kita ketahui,entah yg kasat apalagi ghaib:-),Slm peace

    • anwar sadat
    • Maret 28th, 2011

    kala saya ikut perpendafat dan yang saya ketahui, antara Cakrabuan, Kian santang dan lara santang adalah bersaudara lahir dari pasangan Prabu siliwangi dan Nyi subang larang yang sudah Muslim dan juga di nikahahkan secara muslim ( Nyi subang larang sendiri adalah rombongan yang di bawa oleh syech Kuro dari Arab )dan saya percaya bahwa makam kiansantang atau syech Romat suci ada di Godog Garut, bukan di cirebon, itu yang saya ketahui, wassalam.

    • urang sunda
    • April 7th, 2011

    saleresna upami urang emang hoyong teurang sok tetepkeun ibadah ulah belang betong seueur wirid paniatan kanggo ibadah anging Allah SWT anu tiasa mashan jalan kasaean ka urang sadaya mudah2an dibukakeun mata indra urang anu ka 6 amin ya robbal allamin..

      • asep lukman N
      • Juni 18th, 2011

      satuju….

    • mang dayat
    • April 7th, 2011

    aya tambihan ,disebat gunung bulistir margi wujudna buleud nyaeta siloka hate urang kudu buleud dina ngajalankeun parentah ibadah. didinya oge aya tihang upami diarafah mah jiga tihang dijabal rohmah siloka tauhid urang kudu pageuh jiga pencuh heunteu endag kaanginan,sakitu we urang tambihan upami aya berita deui.nuhun.

      • asep lukman N
      • Juni 18th, 2011

      assalamu alaikum Wr Wb
      Kang punten bade naros,keudah buled apa keudah masagi?
      Soalna menurut abdi ari buled mah tiasa gogorolongan kaditu kadieu keneh,benten sareung tos masagi,berarti tos jinek panceg moal gogorolongan

      punten………haturnuhun

  33. Kiansantang d mnkh kau brada.
    Kiai sapu jagad raden walangsungsang,gagak lumayung gagak lumajang grantang seta,mega mendung,cakra buana,asyeh bayan,masih dia dia juga cuy…

  34. Apakah ada yg tau keris s pedut?

    • al”shahad
    • April 17th, 2011

    makam prabu kian santang berada di daerah banten ,tepatnya di pandeglang ,labuan,pangulon,
    makam nya berdekatan dengan makam syekh basyarudin besrta keluarganya..

    • yogaswara
    • April 20th, 2011

    sungguh luar biasa,, saya kagum…

    • iles
    • April 23rd, 2011

    Ngaos artikel sareng komentar akang akang sadayana. Janten reueus sim kuring hoyong ngaluruskeun sajarah Sunda anu seueur di politisasi sareng pabeulit sareng legenda.

    Sim kuring satuju Kian Santang teh putra Prabu Sri Baduga Maharaja bin Dewa Niskala bin Wastu Kantjana bin Lingga Wastu. Nami Kian Santang pribadi Kian Santang sami sareng Pangeran Cakrabuana anu di Cirebon.

    Kian Santang henteu ngugudag ramana na Sri Baduga Maharaja (Pamanah Rasa – nami alit Sri Baduga Maharaja). anjeuna gaduh kahoyong nga islamkeun ramana na tapi anu berperang sareng Kian Santang mah pangeran Surawisesa. raka/ rai tere na Kian Santang.

    Kaping 19 April 2011 sim kuring nembe mulih ti Situs Kabuyutan di Bayongbong, Garut. Mangga dongkap ka ditu, tinggal patilasan na. Sim kuring mah mang handeueulkeun kaayaan situs Ciburuy ayeuna. Tos teu hegar, barau (punten) tai sapi. Hayu urang mumule warisan kabudayaan sepuh urang sadayana, di hormati (sanes di pupujen) tapi dirawat sareng dilestarikeun.

    Hatur nuhun
    Gelap Nyawang

    • setiawan setia
    • Mei 2nd, 2011

    salam sadaya ki Sunda nu mi eling karuhun urang
    urang lempengkeun sajarah nu ka pendak ku sim kuring
    putra putri prabu siliwangi :

    1. Walang sungsang (Cakrabuana) putra no.1 (nu makomkeun diCirebon)
    2. Lara sangtang anu nikah sareng turunan Kang Jeng Nabi SAW
    (anu ngalahirkeun kangjeng wali Syarif hidayatullah)
    3. Kian santang Putra No. 3 (anu aya di godog garut)

    tah kitu sobat, tah pasti kapendak geura nya dimana makomna
    karuhun urang teh…
    Salam ti kang Awan di Talagakahuripan – bogor / gegerkalong Bandung

      • mang dayat
      • Juni 25th, 2011

      leres pisan kang eta katerangan, sapagodos sareng sim kuring,

      nuhun.

    • pencari jalan
    • Mei 18th, 2011

    ass
    sya dpat kabar bahwa kian santang ialah adik prabu siliwang…
    tlong critakan donk kluarga2 prabu siliwangi..
    tq

    • mohammad othman
    • Mei 31st, 2011

    786

    Assalamu Alaykum Wr Wb

    Wahai Saudaraku sesungguhnya perjalanan Prabu Kian Santang Rahmatullah Alayhi harus menjadi napak tilas warga Jawa Barat. Islam nya Prabu Kian Santang adalah Islam Perjuangan. Jadi jangan sibuk mencari makam Prabu. Menurut Al Fakir, Makam Beliau bukan di tanah Leluhurnya tetapi Jauh Dari Kelahirannya. Beliau adalah Da’i Jawa Barat, Seluruh Sumatera dan Asia> …Aaamiin Ya Robbal Alaaamiin.

    • asep lukman N
    • Juni 18th, 2011

    assalamu alaikum Wr Wb

    punten bade ngiring nimbrung,peninggalan sejarah sesepuh urang perlu diketahui sareng dipelajari,pilihan anu saena piceun anu awonna,sanes tempat atanapi bendana anu keudah di permasalahkeun.Sadayana anu ditinggalkeun kusesepuh urang aya maksudna sareng aya maknana,jadi tinggal urangna anu keudah ngalenyepan naon maksudna….
    Urang sebagai umat islam keudah seueur2 eling,utamina ku zaman ayeunamah seueur ajaran2 anu ngabingungkeun…..
    punten bilih aya anu lepat,da abdimah rumaos orang bodo,ngan titip pesen weeee “pilarian ajaran Islam anu wahidun” islam anu hiji

    hatur nuhun

    • asep lukman N
    • Juni 18th, 2011

    Assalamuallaikum Wr Wb

    Maaf mba,pernah mendengar nama Muhamad Sidiq gk?
    Saya pengen tahu siapa dia?

    terima kasih

    • mang dayat
    • Juni 25th, 2011

    ila ruhi khususon sunan rohmat fie godog,garut bibarokati al-fatehah, tambih seueur anu ngomentaran nambihan pengetahuan sareng rieut kaurang, dina bahasa sareng seratan pabeulit, ngangken urang sunda teu apal mana e, mana eu,mana ‘e, hapunten anu kasuhun.
    pamendak sim kuring hate mah kedah buleud upami elmu masagi,upami urang bade midamel buleudkeun heula hate urang nembe lempengkeun tekad tujuan urang, ieu disilokakeun upami urang angkat haji, urang thawaf heula ngurilingan ka’bah ngadamel buleudan ieu siloka hate urang kedah buleud nembe sa’i antawis shafa marwa anu jalanna lempeng ieu siloka urang kedah istiqomah manteng lempeng heunteu bulak belok henteu endag kaanginan nyaeta anu disuhunkeun ku urang nyaeta “ihdinasshirotol mustaqiem”.elmu jurus “alif” sunan kudus oge siloka urang hirup kedah lempeng ka Allah swt kalayan nyuhunkeun ridho Mantenna sareng haq urang ulah mengkol ka eyang2 ka sesembahan anu sanes, wasalam.

    • ocha
    • Juni 27th, 2011

    asalammualaikum,,,,,,,, tuk teh rista punten, mau tanya makam ki gentar bumu pastinya di mana,,, terima kasih ya,,

    • kombes
    • Juni 30th, 2011

    kian santang masih hidup…coba cek kerumahnya…di rw.15 rt 02 komp.margahayuraya bandung.

  35. Kiansantang itu sudah islam dari kecil, sebab secara logika saja ibu Subang Larang adalah seorang Muslimah..yang pintar mendidik anak-anaknya, bahkan sebelum Parbu Siliwangi mempersunting Ibu Subang Larang pun Sri Baduga itu sudah masuk Islam, masuk Islamnya ialah ketertarikan terhadap Subang Larang dengan suara yang sangat oandai dalam membaca Al-qu’an dan kecantikannya. sehingga dengan persyaratan diterima pinangannya asal sanggup dengan syarat yang diberikan, sri Baduga Menyanggupi syarat tersebut dengan perantara syarat itu Sri Baduga akhirnya masuk islam dan memperistri Ibu Subang Larang. jadi Kiansantang itu sudah islam semenjak kecil….., dan ada versi kejar-kejaran dengan Prabu Siliwangi mungkin itu Cerita lain*

  36. bagaimana bisa ketemu dengan Ali bin Abi Thalib, la wong kian santang itu lahir tahun 1315 sedangkan Ali Bin Abi Thalib itu meninggal 661
    wah wah wah gimana ya jadinya……..

  37. sae,,, sae muhun,, nu jelas kerajaan siliwangi ngantunkeun w3awangi dugi ka kiwari,,, kadang hate hoyong ngiring k jaman harita,,,

    • Usepkoswara
    • Juli 27th, 2011

    Dimana atuh ya……………………………………….?

    • latif
    • Agustus 17th, 2011

    punten ah bde ngiring..
    Yg pasti apapun kisahnya,beda alurnya,beda namanya..
    Tp tujuan smua crita yg ada yaitu menyebarkan agama islam yg rohmatan lil alamin oleh nabi yg ummie yaitu bginda nabi besar Muhammad SAW.
    Nuhun..

  38. makam prabu kiansantang menurut kabar ada di daerah subang.disana ada pengurus dan penjaga makamnya.tidak jauh dari makam ibunda subanglarang yang sekarang mulai di bangn sebagai seitus bersejarah oleh pemda subang

  39. oh iya ada yg kelewat….walangsungsang dan kiansantang adalah dua tokoh yg berbeda.tapi kedua merupakan putra dari prabu siliwangi

      • Uud Sidiono
      • September 6th, 2011

      Kang Uud Padalrang

      Assalammualaikum wr.wb.
      Alhamdulillah hirobil alamin, masih seuur geuning baraya anu micinta ka leluhur urang sadaya nuhun ah ari kitumah ka baraya sadaya, da ieu saluyu sareung wangsit na eyang Prabu Siliwangi (I s.d XI) urang sunda mah sabengkeutan anu tiwetanna Cirebon ( Anak : Pangeran Cakra Buana/Mbah Kuwu Carbon/Pangeran Kian Santang/H. Somadullah), (Cucu : Syarif Hidayatullah/Sunan Gunung Jati/Sunan Jatipurba/Khalifatur Kutubizaman), Kuningan (Pangeran Kuningan = putra Sunan Gunung Jati) Talaga, Sumedang, Tasik, Garut, Ciamis, Bandung, Sukabumi, Cianjur, Bogor, Karawang, Banten, Jeung anu sanesna punteun wae henteu kasebat sadaya. Baraya sadaya kedah tiasa ngajagi amanah atanapi ngamumule Jasana Leluhur urang , Moal aya urang upami teu aya leluhur urang anu tos ngawariskeun atanapi ngabuka jalan kanggo kabagjaan kahirupan penerusna Urang Sunda.

      Mangga Ka Baraya sadaya, sanes waktos tiasa diteraskeun …
      Wassalammualaikum wr.wb

    • encans s
    • September 10th, 2011

    hapunten sa teu acanna , gening meni resep tur bangga abdi di janten urang sunda,kumargi ,sakitu… mundel tur seueur pulunganeun,di antawis tanggapan tanggapan para wargi sadayana ,ngeunaa sajarahna ,waliyulloh utamina nya eta anu di, ku kasepuhan luluhur urang kanjeng syeh kian santang sareng reng rengannana,mugi ieu janten obor pikeun urang kango napak tilasna anu kapungkur, nu parantos kapihatur ,gening ….sadaya kasaten anu ku aranjeuna di pibanda, teh,malulu mungkango milarian diri anu saestuna nya eta pikeun nganyahokeun pangeran anu hak di sembah, anu asal ti ALLoh atuh kedah mulih deui ka ALLOH , muga sing surti kana eta sajarah ,sanes milarian leresna eta kajantenan anu katuliskeun, anu upami di cukcruk gening beki seueur pamendak kalah janten keder, kumargi sakitu hayu urang lenyepan eta lalampahan para aulia ALLOH ,panginten kajantennan teh di luyukeun sareng kaayaan zaman, dina kadigjayaan sareng kasatenan, oge moal sami sareng kapungkur , cineknamah sadayana anu aya di alam dunya sareng sagala ka ahengan nana teh, mung kanggo alat milarian jalan pamulihan , ka ROHMATULLOH…….amiiiin.. hatur nuhun.

  40. setiap daerah mengklaim makamnya prabu kian santang karena suatu berkah bagi daerah itu sendiri

    • Abdul Karim
    • November 9th, 2011

    Punten DIRI SARENG PRIBADOSNA nyambungan manawi sareng manawi… Saleresnamah sae, hoyong uninga kana sejarah anu sanes, mantenamah saestuna tos sengit jenenganana atanapi asmana.
    Timana mana nyukcruk titinggalanana saking sengit jenenganna.
    Naha urang teu hoyong siga anjeuna kagungan jenenganteh SENGIT?
    kedah kumaha atuh carana supados gaduh jenenganteh sengit sapertos ” KANG JENG PRABU SUCI SUNAN ROHMAT ”
    Da kaseueuran jalmimah mung nyarioskeun saena jenengan anu sanes.
    Hatur nuhun

  41. Aslmlkm sadayana,

    mohon informasinya,apakah ada yang pernah dengar sejarahnya H.Mustofa asal Subang yang mengalahkan Macan/Maung yang mengegerkan warga Subang sekitar tahun 1940-1950!!!
    Terimakasih banyak sebelumnya,besar harapan saya dapat informasi secepatnya yang benar2 dari Anda-anda sekalian.

    Hormat saya,

    Nicky

    • Rizky Ramadhan
    • November 29th, 2011

    ahmad rahmat :
    saya lihat dan putuskan
    bukti bahwa Kian Santang masih hidup
    ” sangat tidak benar ”
    A. Rahmat

    anda boleh berpendapat seperti itu, tetapi baca dulu ayat ini :

    llah telah mengungkapkan dalam al-Qur’an, bahwa orang-orang yang meninggal di jalan-Nya sesungguhnya tidaklah “mati”, tetapi hidup di sisi-Nya. Keadaan mereka ini diungkapkan dalam ayat-ayat sebagai berikut:

    “Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezeki. Mereka dalam ke­adaan gembira disebabkan karunia Allah yang diberikan-Nya kepada mereka, dan mereka bersenang hati terhadap orang-orang yang masih tinggal di belakang yang belum menyusul mereka, bahwa tidak ada kekha­watiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. Mereka bersenang hati dengan nikmat dan karunia yang besar dari Allah, dan bahwa Allah tidak menyia-nyia­kan pahala orang-orang yang beriman.” (Q.s. Ali Imran: 169-171).

    “Dan janganlah kamu mengatakan terha­dap orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati. Bahkan mereka itu hidup tetapi kamu tidak menyadarinya.” (Q.s. al-Baqa­rah: 154).

    jadi sesungguhnya kita hanya tidak menyadarinya… ingat ya… mreka yg berjuang di jalan ALLAH…

    • Rizky Ramadhan
    • November 29th, 2011

    Dan sudah ada seseorang yg sudah bertemu dengan Kian Santang…
    karena memang untuk urusan duniawi yg sekarang semakin parah… ada pula harta2 yg dijaga yg nantinya akan dikeluarkan ketika indonesia betul2 dalam kondisi kehancuran… krn jg terbukti banyak orang2 yg mencoba menggali harta2 tersebut, sebagian besar mreka berhasil mendapatkan, sebagian besar pula gagal… yg hingga kini tak bisa di buka dan di ambil hartanya adalah yg pernah di pegang oleh mantan presiden soekarno…
    krn akan ada masa nya harta itu akan terbuka… untuk indonesia…
    saya hanya menuliskan berdasarkan cerita yg hanya diceritakan kepada saya, sedangkan saya hanya anak muda yg kurang pengetahuan akan agama… dan masih harus banyak belajar, krn saya sendiri pun sekarang amat sangat tersesat, saya ingin sekali kembali ke jalan ALLAH… tetapi kenapa ada rasa berat dalam diri saya, saya takut sekali jika pintu hati saya ditutup… mohon bantuannya… terima kasih…

      • puteri biru
      • Mei 16th, 2013

      Salam rizki..@ alhamdulillah jika benar2 ingin kembali ke jalan Allah? Memang islam lah agama yang di ridhoiNya, namun apakah muslim semua sdh islam??? Tauhid nya belum pada sempurna…, karena masa kini org belajar agama hanya sebatas kulit! Tanpa isi…, juga byk belajar ilmu kesaktian, semua ingin berkuasa dan kebanyakan ubud dunya…,seakan-akan tidak akan pernah meninggalkan dunia ini? Pada akhir zaman umat islam akan terpecah menjadi 73 golongan hanya 1 golongan yang selamat,carilah org yg sdh makrifatulloh utk mengenalkan kita kepada Allah ta’alla ,banyak dalam hal peribadahan sholatpun tidak tahu tujuan kemana ibadah di arahkan? Beginilah kejadian kebanyakn umat islam jaman sekarang, tapi sdh mengaku alim dan yang paling benar? Saya titip ucapan utk para saudara sekalian disini…,jgn di ributkan soal prabu silihwangi. Beliau masih hidup sampai detik ini…,(tapi dimanakah?? Suatu saat jika sdh saatnya juga kalian semua akan tahu) majapahit pajajaran sdh di satukan dalam pernikahan. Semua raja2 di nusantara ini akan bermunculan,mari kita semua kembali mengikuti ajaran nabi besar muhammad saw beserta sunnahnya. Islam itu indah.dan keislaman seseorang hanya org itu dan Allah yang maha mengetahui…,salam dari putri terkasih bundaku

  42. hanya sejarah dan mitos..karna buktinya hanya seonggok petilasan saja…

    • Muhammad Nurhairi
    • Desember 22nd, 2011

    Assalamu’alaikum, Maaf jika lancang mau bertanya, Apakah Saudara tahu tentang sejarah Yg namanya SEMAR SUCI dan PANGERAN QUDRATULLAH…..? Terima kasih, Wasalam MUHAMMAD NURHAIRI JAKARTA TIMUR.

    • Muhammad Nurhairi
    • Desember 22nd, 2011

    Kalau menurut Saya sebagai manusia biasa yg tidak mempunyai kemampuan n kepandaian terkecuali dgn Izhin dan RIDHO’ ALLAH SWT,bahwa sejarah dan Silsilah itu harus di yakini dgn sebenar benarnya yakin, krn manusia hidup di dunia fana ini adalah sejarah perjalanan untuk mencari kesempurnaan menjadi Manusia yg benar2 Manusia. Maka dari itu kita harus mengetahui sejarah yg benar2 bisa di percaya sejarah itu sendiri. Karena Manusia tanpa ada sejarah dia tidak tahu siapa dirinya….? maka ada yg di sebut dgn kenalilah diri sendiri atau jati diri. Kalaupun ada yg ingin mengetahui keberadaan sesuatu yg di cari…? ya hrs mengenal dirinya sendiri, krn ada pepatah yg menyatakan bahwa yg mengenal Wali hanya Wali. Maka dari itu jgn kita mencari sesuatu dengan katanya n katanya tanpa meminta petunjuk kepada Yang Maha Kuasa, ALLAH SWT. Sejarah dan Sisilah adalah suatu kaitan yg menyatu, seperti tubuh kita. Jadi intinya kita tdk perlu mencari dgn susah payah tuk mengetahui kebenaran dan keberadaan Makam2 yg Asli atau bukan asli….! Klu sudah waktunya dgn izhin ALLAH SWT, nanti jg akan ada petunjuk. Karena bagi manusia tidak mungkin, tetapi Bagi ALLAH SWT apa yg tidak mungkin. Dengan segala Izhin dan Ridho’nya lah segala sesuatupun akan mudah tercapai. Jasadnya lain tetapi Sukmanya sama. Tidak perlu tuk di perdebatkan, karena jalan Manusia berbeda beda namun satu tujuan. Kalau anda2 yakin dgn sejarah dan Silsilah tersebut silahkan menjalaninya, dan bagi yg tidak yakin ya jgn jd suatu permasalahan, karena ALLAH SWT berikan kepada Hamba2nya tidak sama. Maaf bila kata2 saya kurang jelas atau kurang baik, ini hanya suatu pendapat dan mungkin ada yg lebih mengerti dari saya, saya mohon petunjuk tuk mencapai RIDHO’ ALLAH SWT. Amien….. Wassalam: Muhammad Nurhairi

    • DADANG M ROSYADI
    • Desember 26th, 2011

    SANGAT TERTARIK DGN SEJARAH PRABU KIANSANTANG YG KEBETULAN SAYA PUN ORG GARUT ASLI TRIMS

    • UCU KOSWARA, S.Pd.
    • Desember 29th, 2011

    ASSALAMUALAIKUM WR.WB. TERIMA KASIH BUAT SEMUA SAUDARA-SAUDARAKU YANG BERGABUNG DISINI. SY MEMANG BINGUNG DENGAN TERLALU BANYAKNYA VERSI MENGENAI KANG JENG PRABU SILIWANGI. TERAKHIR DARI SAUDARA SAYA YANG BELAJAR BERDZIKIR MENGAMALKAN AJARAN ALLOH DAN ROSULNYA DENGAN BANYAK BERSHALAWAT KEPADA NABI MUHAMMAD SAW, BELIAU MENCERITAKAN BAHWA VERSI SEKARANG GAK BISA DIJAMIN KEBENARANNYA.TOH ITU CUMA “KATANYA” SAJA. LEBIH BAIK, BELAJARLAH MENDEKATKAN DIRI KEPADA ALLOH SWT DAN MENGAMALKAN APA YANG DIAJARKAN ROSULULLOH SAW., NISCAYA KAMU AKAN MENGETAHUI SEJARAH ASLINYA SEPERTI APA. KALAU SAJA HANYA MEMBACA LITERATUR TANPA SUMBER YANG TERPERCAYA, HANYA AKAN BIKIN BINGUNG. HANYA ORANG-ORANG YANG DEKAT DENGAN ALLOH SWT YANG AKAN MENGETAHUI YANG SEBENARNYA. INI PERJALANAN SPIRITUAL YANG HANYA AKAN DIJALANI SETIAP PRIBADI YANG SHALEH…YAKINLAH AKAN KEAGUNGAN ALLOH AWT DAN KITA AKAN MEMAHAMINYA JIKA KITA ADA DIDALAMNYA..!!!

    • gempa
    • Januari 15th, 2012

    Ass. Yg paling terpenting urang kedah ngahiji ulah nepi ka pecah komo bangsa sunda tos kedah harudang….

    • ipunk
    • Januari 19th, 2012

    ass.setahu sy antra prabu walangsungsang sm kean santang itu kakak adik.mrk itu putra prabu siliwangi dr nyi subanglarang.anak pertama prabu walangsungsang,lalu nyi rara santang baru kean santang.

    • haryadi
    • Januari 25th, 2012

    banyak versi tapi satu arah … yang mana intinya mereka adalah penyebar islam yang sangat gagah berani menyatakan keyakinannya bahwa Allah adalah tuhan semesta alam dan nabi muhammad adalah utusan Allah…

    • haryadi
    • Januari 25th, 2012

    ada yang tahu gatot gaca… hehehe … kidding broo…..

  43. atos lur tong ngalieuk wae katukang…..jadi ngaler ngidul….

    • rasid maulana sidiq
    • Januari 30th, 2012

    gagakprabu :
    Asalamualaikum… Teh Rista… Alhamdulillah akhirnya bisa silaturahim disini dgn cucu eyang… kebetulan ayah saya pernah menjadi salah satu murid dari eyang sewaktu eyang mukim di daerah otista.. Insya Allah bisa menjalin silaturahim kembali.. BAROKALLAH

    Alhamdulillah bu rista kita bisa bersilaturahmi ,sebelumnya saya mohon maaf salah menulis tentang wafatnya Eyang yang bernama Syeh wali sakti Qodratullah sukma wijaya kesuma memang benar wafat tahun 1995.Saya kenal beliau sejat tahun 1992.trims

    • rahman
    • Februari 5th, 2012

    mulungan ah,,,heheee,,sugan we aya nu nyangsang,,,

    • M.Sutawijaya
    • Februari 10th, 2012

    Ibuna aminah ramana abdulah anu lahir dimekah anu anu sare di madinah

    • M.Sutawijaya
    • Februari 10th, 2012

    Punten kasadayana;
    Gusti allah kang ono jero gusti alloh kang ana jobo satengae uip uipane digaduh hake marang manungso,manungso ora dueweni kuoso naging gusti allah sing gnuwosoni manungso sirullah sipatulloh badanku badane gustialah kulitku kulite kanjeng nabi.
    mungkin ini yg mau beliaw jelaskan dalam hidup ini
    1.Badanku badane gusti allah dalam artian dari ujung rambut sampe kaki hanya allah yg punya.
    2.kulitku kulite kanjeng nabi dalam artian kulit cangkang yg harus dikupas biar ketemi isi. nabi Muhamad yg membuka isinya.

    Al.Quran dan Hadis itu yang harus kita pegang sebagai pedoman hidup

    sepenggal yg tersirat dan ter surat dari seorang prabu Kiansantang untuk kita sebagai penerus

    • malela
    • Februari 19th, 2012

    edan nu neang makam ki santang…….meni parebut!

    • parta
    • Maret 3rd, 2012

    punteun kang gaduh sejarah perjalanan kian santang,,,sareng saidi na ali,,???/

    • Jaziri
    • Maret 24th, 2012

    Hibar karuhun urang sunda

    • ilham
    • Maret 26th, 2012

    maaf saya mau nanya emang nya makam kanjeng prabu siliwangi belum d temukan ? dan dimanakah istana kerajaan prabu siliwangi dan prabu kean santang

      • ke2
      • Maret 26th, 2012

      itulah teu paruguh ti baheulana oge. semenjak perang bubat sejarah sunda teh jadi lalieur… teu puguh saha anu jadi raja jeung dimana ayana, duka teuing.
      cik saha anu tiasa masihan bongbolongan atuh, utamana situasi tatar sunda berikut raja-rajana pada saat sebelum dan sesudah tragedi bubat.

    • wide mahesa
    • Maret 27th, 2012

    kalau al hanafi anak prabu kian santang bkn

  44. cerita palsu,massa diislamkan oleh nabi,nabi kan sudah mati,tidak mungkin mengislamkan orang,bisa2 yang ngarang kualat.

    • wahab
    • Maret 31st, 2012

    mas..
    bagai mna kinerja prabu kian santang itu????

  45. jagan lpa mas di comed

    • RIDHWAN
    • April 2nd, 2012

    Punten ngiringan….
    Bade naros ieu teh Kang, hoyong jentre ngenaan sajarah Karajaan Sunda.
    Saleresna aya hubungan naon antara Sri Baduga (Prabu siliwangi) sareng Kian Santang.
    Kumargi aya oge nunyariosken yen Kian Santang mah teu acan maot, kumargi anjeunna mah mahluk ti sabangsana Jin,
    Hatur nuhun sateuacanna.
    Baktos…

      • ke2
      • April 2nd, 2012

      Makin ngawur saja, gmana… Kita bicara yang real laaa…

  46. Ass, Prabu Kian Santang Masuk Islam Pada Umur 35 th, guru Beliau adalah Kanjeng Sunan Kali Jogo, setelah masuk Islam berganti nama menjadi Syeh Rokhman Suci. Setelah beliau menunaikan Ibadah Haji, Beliau menyebarkan islam di ranah Pasundan dan dalam perjalanannya beliau menetap di Garut sampai akhir hayatnya. maaf kalau kurang berkenan. terimakasih

    • si kumbang
    • Mei 4th, 2012

    Sejarah Prabu Siliwangi & keturunannya memang menarik untuk ditelusuri, tiada rasa bosan untuk menggalinya. Yang jadi pertanyaan saya adalah Prabu Siliwangi yang mana yang disebut2 moksa? Karena yang memiliki gelar Silih Wangi itu ada 3 orang raja di Pajajaran dalam era yang berbeda. Mohon maaf kalo ada salah.

  47. salam sejahtera buat semua sahabat yang telah membaca/mengikuti kisah sejarah negeri/raja/silsilah padjaajaran.insya allah aku adalah salah satu anak cucu/cicit dari silsilah keluarga raja pakuan/kawali/pajajaran dari tanah sunda/cirebon.soal makamnya eyang prabu siliwangi/iman abdullah(kian santang)memang sampai saat ini tidak ada bukti otentik pasti mengenai lokasinya.jawaban untuk pendapat bahwa prabu siliwangi bertarung/dikejar-kejar oleh kian santang adalah tidak benar,.tidak ada!mereka saling mencintai/menyayangi,prabu siliwangi amat menyayangi prabu kian santang karena menurutnya penjelmaan segala kesaktian yang dimilikinya adalah kian santang yang menjadi darah dagingnya.yang bergelar wangi awalnya adalah kakek buyutnya(wastu kencana/prabu wangi)yang gugur di bubat dengan gagah berani hingga namanya wangi seantero tanah sunda dan jawa.atas alasan kesamaan jiwa serta silsilah keluarga yang paling mendekati,maka prabu siliwangi diwariskan gelar sebagai siliwangi.jika memang allah swt,mengijinkan..insya allah dikehidupan lain parabu siliwangi-prabu kian santang dikumpulkan/dipertemukan kembali serta diampuni segala kesalahan/dosanya yang tak luput sebagai manusia,alasannya adalah..prabu siliwangi memiliki anak yang berbakti,juga shalih terhadap orang tuanya.amien

    • saiful
    • Mei 23rd, 2012

    punteun sajarah nu di tulis kaliru kabeh hoyonh apal nu leurusna hubungi kami, sunda jati wisesa. contohna nu salah nyebatken yeun prabu kian santang nya walang sungsang. jeung prabu siliwangi tarung aji teupika eleh sa apal saya can pernah aya tarung antara anak jeung nu jadi bapak. yeun apal teu maksud jeung makna uga siliwangi..

    • bahtin
    • Mei 25th, 2012

    setlah mbah kuwu cirebon P.walangsungsang dan ponakannya gusti syarif hidayatullah silaturahmi ke ramanya Prabu siliwangi didapat argumen bawah rama Prabu siliwangi tetap pd keyakinanya, tetapi Prabu Siliwangi memberikan pasukan Harimau +/- 9 Orang nan pilih tanding yg dgunakan K.K di ring 3 kla ngak Pasukan SingaBaruang, silih asih asah dan asuh yg diterapkan pda anak cucunya walau brbeda pendapat

    • Tapak99
    • Mei 26th, 2012

    Ikutan nyimak ah。。。。

  48. ass,,saudara/saudariku skalian klo blh tnya,,, prabu siliwangi teh syapa nya prabu kian santang nya? syuqron”””,,,,,,,,,,,

    • Effendi Jauhari
    • Mei 29th, 2012

    pangeran cakrabuana itu siapa ?

    • NURILLAH HARRY PUTRI JELEK
    • Juni 2nd, 2012

    DIMANA IA LAHIT APAKAH RAMBUNYA TIDAK BISA DI POTONG

  49. Dan kALau eyang arya siapa

  50. Barang siapa manusia yg telah menemukan JatidiriNya pasti mengetahuiKU(Dzat), “Sesungguhnya AKU tdk jauh dari urat nadimu” Itulah sekelumit ILMU(pengetahuan) yg Beliau ajarkan kpd saya yg sbg Hamba ALLAH sejatinya,jikalau kalian ingin mengenal Beliau lbh dalam dikrnkan Beliau sdh ganti baju hub ke alamt Email saya atau ke Facebook saya/ke no 082114111801,mari kita duduk bareng2 mengulas masa lampau yg secara jelas dengan yg asli pelaku sejarah yg sejati (nyumput ti nuh caang) Wassalam

      • Ariefin seukeut
      • Juni 7th, 2012

      tah eta leres kang ngan sauukur dongen ameh rame hungkul,islam ilmu logis dan sejarah itu fakta bukan dongeng,jadi ketika kita menyimpulkan suatu riwayat ato sejarah itu hrs berdasarkan fakta2 yg logis,biar tdk terjadi penyimpangan dimna akan menyesatkan pola pikir manusia.
      cuman sedikt sarn nih klo pengen tau sejarah sunda dan raja2 nya tgl datang aja kemusieum disana pasti ada data2 yang realistis dan faktual.INSYAALLAH…..

    • Tapak99
    • Juni 6th, 2012

    lanjutkan !!

  51. Bang tau makam ya PRABU SILIWANGI

    SAMA RADEN KIAN SANTANG..

  52. Ass Wr Wb kpd saudaraku Kang Ali al Husain,coba hubungi no saya yg sdh pernah sy jabarkan INSYAALLAH PASTI ALLAH akan memberitahukan melalui saya sbg CiptaanNYA.nuhun Kang Wassalam

  53. punten ngiring ngalangkung…
    Upami teu lepat mah kie:
    Logenda kian-santang sendiri
    diambil dari sebuah kisah
    nyata, dari tanah pasundan
    tempo dulu yang ceritanya pada
    waktu itu tersimpan rapi
    berbentuk buku di perpustakaan kerajaan pajajaran. Karena pajajaran adalah hasil
    penyatuan dua kerajaan antara
    galuh dan kerajaan sunda pura yang dimana kerajaan galuh dan
    sundapura adalah dua kerajaan
    pecahan dari taruma negara,
    yang di masa prabu PURNA-
    WARMAN yaitu raja ketiga dari
    kerajaan taruma negara yang di pecah menjadi dua yaitu
    tarumanegara yang berganti
    sundapura dan ibukota lama
    menjadi galuh pakuan. Dan jaya
    dewata menyatukan kembali
    dua pecahan kerajaan taruma negara menjadi pajajaran. Di mana di kisahkan pada waktu
    itu yaitu abad ke 4m atau tahun
    450m pernah terdapat putra
    mahkota yang sakti mandraguna
    bernama GAGAK LUMAYUNG
    yang dalam ceritanya “di tataran suda dan
    sekitarnya ,tak ada yang mampu
    mengalahkan ilmu
    kesaktiannya. hingga suatu saat
    datang pasukan dari dinasti
    TANG yang hendak menaklukkan kerajaan tarumanegara. namun
    berkat gagak
    lumayung ,pasukan TANG dapat
    di halau dan tunggang-langgang
    meninggalkan taruma negara. semenjak itu raden gagak
    lumayung di beri sebutan ”KI
    AN SAN TANG” atau ”penakluk
    pasukan tang” Di ceritakan sang kiansantang
    ini karena saking saktinya
    hingga dia rindu kepingin
    melihat darahnya sendiri Hingga sampailah di suatu
    ketika sa’at dia mendapat
    wangsit di tapabratanya
    bahwah di tanah arab terdapat
    orang sakti mandraguna Konon: dengan ajian napak
    sancangnya raden kian santang
    mampu mengarungi lautan
    dengan berkuda saja. “Di mana dalam ceritanya
    ketika sampai di pesisir beliau
    bertemu seorang kakek ,dan
    padanya dia minta untuk di
    tunjukan di mana orang sakti
    yang kian santang maksud tersebut”. Dan dengan senang hati si-
    kakek tersebut menyanggupinya
    dan sementara dia mengajak
    beliau “kiansantang” untuk
    mampir dulu ke rumahnya. Al-kisah setelah sampai di
    rumahnya tongkat dari sang
    kakek tersebut tertinggal di
    pesisir dan minta kian santang
    untuk mengambilkanya ,konon
    dikisahkan si-kian santang tak mampu mencabutnya sampai
    tanganya berdarah-
    darah ,disitulah kian santang
    baru sadar kalau kakek itu
    adalah orang yang di carinya. Dan akhirnya dengan membaca
    kalimah syahadat yang di
    ajarkan sang kakek tadi “yang
    akhirnya menjadi guru
    spiritualnya” tongkat tersebut
    dapat di cabut .dan siapakah kakek tersebut? ya dia adalah
    taklain dan tak bukan syaidina
    ali r.a menantu dari baginda
    nabi muhamad s.a.w.

      • dayat
      • Oktober 7th, 2012

      menurut dia bukan bertemu dg ali menantu rasulullah ,maaf

  54. Cerita tersebut membumi sekali
    sampai saat sekarang. Dan yang
    aneh, kebanyakan orang
    menduga kalau kian santang itu
    adalah raden walang sungsang.
    Padahal banyak sekali cerita yang sepadan dengan kisah
    raden walang sungsang
    tersebut. Yang sesungguhnya
    dialah yang mengisahkan justru
    dialah yang di kira pelaku
    (raden walang sungsang atau pangeran cakrabuana) sebagai
    tokoh yang diceritakan itu.
    Tujuannya adalah hanya
    sebagai media dakwah dan
    penyebaran islam di bumi cirbon
    dan sekitarnya. Sehingga sampai sekarang
    banyak kalangan yang
    menyangka raden
    walangsungsang adalah kian
    santang bahkan ada yang
    menafikan kian santang adalah adik cakrabuana dan kakak dari
    rara santang. Raden walangsungsang
    mengambil cerita ini dari
    perpustakaan kerajaan
    pajajaran dengan pertimbangan
    karena kisah itu mirip dengan
    kisahnya, Yang di mana kian santang setelah pulang dari
    arab dia ingin meng-islamkan
    ayahnya prabu purnawarman
    namun di tolaknya dan kian
    santang memilih meninggalkan
    istana dan tahtanya di berikan adiknya
    yaitu darmayawarman Begitu pula raden walang
    sungsang yang pernah merantau
    ke arab dan meningkahkan
    adiknya rara santang yang di
    ambil istri oleh putra kerajaan
    mesir waktu itu dan pernikahan berlangsum di mesir yang dari
    perkawinan inilah nanti akan
    lahirlah raden syarif
    hidayatullah atau sunan gunung
    jati. Keinginan Walangsungsang
    untuk meng-islamkan prabu
    siliwangi ditolak mentah-
    mentah dan ayahnya tidak ingin
    bertarung dengan anaknya maka
    dia memilih mensucikan diri atau bertapa, konon beliau
    menjelma macan putih. Pengambilan kisah penokohan
    dalam sebuah ceritra seperti ini
    sebenarnya pernah pula terjadi
    pada era sebelum raden walang
    sungsang yang tepatnya
    dilakukan oleh raja jaya-baya (raja islam pertama di tanah
    jawa) dari kerajaan panjalu
    atau kediri, di mana suaktu
    masih di pegang raja airlangga
    kerajaan tersebut bernama
    kerajaan KAHURIPAN dan karena kedua anaknya semua
    meminta tahta maka kahuripan
    di bagi dua yaitu panjalu dan
    jenggala. Sepanjang
    perkembangan dua kerajaan
    tersebut selalu bermusuhan dan pada masa kerajaan panjalu
    dirajai oleh jaya baya, panjalu
    mampu menaklukkan jenggala
    dan di satukan lagi antara
    jenggala dan panjalu. Pada waktu panjalu
    menaklukkan jenggala rajanya
    jaya-baya meminta empu sedha
    dan empu panuluh untuk
    mengutip naskah dari india yang
    judulnya maha barata. namun di ferifikasi dengan gaya jawa.
    Sebagai perlambang atas
    kemenangan perang saudara
    panjalu atas jenggala. Yang
    akhirnya kitab tersebut di beri
    judul barata-yuda. Dan dalam kisah klasik jawa ini banyak
    kalangan masarakat yang
    mengira bahwa jaya baya
    adalah kelanjutan dari trah
    barata yaitu cicit dari parikesit
    putra abimanyu. Juga kisah lainnya yang serupa
    pernah pula hadir kemasarakat
    yang tujuannya waktu itu
    sebagai media dakwah untuk
    melindungi rongrongan ajaran
    syariat terhadap kaum sufi.maka ketika bergerak
    menyebarkan islam WALI SONGO
    menurt banyak kalangan
    membuat cerita al-halaq fersi
    indonesia yaitu syeh siti jenar.
    Yang menurut doktor simon dari ugm berdasarkan temuannya
    karya-karya besar berupa
    naskah suluk dari sunan kali
    jaga dan lain sebagainya. Dapat
    di pastikan tokoh siti jenar
    adalah imajener hanya untuk media dakwah dan melindungi
    islam agar tetap pada ajaran
    ahlusunah wa jamaah. Dan sampai saat ini pendapat itu
    masih simpang siur dan menjadi
    perdebatan dan polemik
    panjang oleh para ahli sejarah
    di tanah air.
    sumber: uga wangsit siliwangi

    • hamba Alloh
    • Juni 13th, 2012

    Syeh Sunan Rohmat Suci di makamkan di Garut….beliau merupakan salah satu putra prabu siliwangi…beliau yang pertama kali menyebarkan ajaran islam di garut,,,Wali songo terutama sunan gunung jati selalu bersamanya dalam menjaga semua bentuk kezaliman yang diakibatkan oleh Jin , syetan dan Manusia…Perbanyaklah shalawat kepada Nabi Muhammad S.A.W setiap detik, setiap menit dan seumur hidup untuk menjaga hati dan diri dari kejahatan jin dan manusia serta menadapatkan syafaat Nabi Muhammad S.A.W di alam AAlloh S.W.T ….Allohuma shali ala Muhammad…Ya Robbi shali alaihi wasalam…..( mohon maaf kalau salah tulisan saya…ini hasil dialog saya dengan Syeh Sunan Rohmat Suci dalam pengobatan diri saya akibat perbuatan ghoib )

    • No name..
    • Juni 16th, 2012

    Sampurasun.. Kangge bahan referensi tiasa di aos
    Langit Biru pajajaran
    (naratas jalan pajajaran anu saestu)
    hatur nuhun..

    • bahtin
    • Juni 19th, 2012

    Siapa ya sejatine Pangeran Brebes…

      • mang kantil
      • Juni 19th, 2012

      Brebes di Lembang tuh ada, rumah makan brebes. ayam di goreng bunyinya brebes brebes…..

    • ridho
    • Juni 22nd, 2012

    kira-kira kalau cari lagu nya raden kian santang dimanah ya? ada yang tau gk?

    • Tapak99
    • Juni 22nd, 2012

    apakah diantara sodara² semua yg ikut comment diblog ini ada yg msh kturunan bliau ??tur nuhun

      • tubagus
      • Desember 25th, 2012

      assalamu alaikum wr wb…..saya salah satu dr ribuan keturunannya beliau….. dan insha allah saya tau makam beliau tp harap maklum ga bsa dikasih tau…. saya bangga banyak yg bertanya tp jga sedih karena ga bisa kasih tau letak makamnya beliau dimana…. saran saya kalau anda sekalian ingin tau….sholat istikaroh aja minta petunjuknya…..semoga berkah….. dan ingat kalau dpt petunjuk dr gusti allah…. kalau mau ziarah tolong jangan bawa tanah makam beliau..

    • AKANG DAGUL
    • Juni 23rd, 2012

    HPNT NU.K SUHUN KA.BARAYA SADAYA.NA
    ABDI BD.TUMAROS
    SAHA SALERES.NA EYANG CUPO.NEGORO KU.MARGI.AYA NU.TERANG HTR.NHN BARAYA

  55. Jadi binun uing

    • nanda
    • Juli 2nd, 2012

    makam nya prabu siliwangi dan kiansantang di mana………….?

      • Hadi surya
      • Juli 13th, 2012

      kalau yg saya baca dari perjalanan scipio tahun 1678 makam Prabu Siliwangi berada di Rancamaya Bogor sementara Pangeran Kiansantang di Desa Godog Suci Garut

        • dayat
        • Oktober 7th, 2012

        tidak salah

    • TIAN ANDARIS
    • Juli 3rd, 2012

    raden kian santang gagak lumayung ,gagak lumejang,grantrang setra………

    • fikri fikro nanda
    • Juli 4th, 2012

    raden kian santang hebat banget hebattttttttttttttttttttt sesampai di arab ter nya ada juga yang mengalahkan…………?

    • R Indra Urip Widodo
    • Juli 6th, 2012

    kuburan prabu kian santang ada di daerah Sajira kabupaten Lebak
    di sana sering sekali kuburannya didatangi oleh tamu yg berasal dari berbagai daerah.

  56. aku seneng banget lihat film kian santang, tp kok beda dengan cerita tv yang benar mana?knp film2 di tv itu tdk sesuai dgn cerita di legenda

    • Saya membawa amanat…mencari sepuluh pemuda yg rela memberikan nyawa demi tegaknya padjadjaran sesuai ucapan beliau “berikan aku sepuluh pemuda maka akan ku gemparkan seluruh dunia” sudah ad satu org yg terpilih..tinggal 9 pemuda lagi..siapa yang berani maju demi bumi pertiwi

        • Hadi surya
        • Juli 13th, 2012

        wah kalau gak salah itu kata – katanya dari bung Karno saat berpidato ya kang,nuhun

        • arifinpadjajaran
        • Agustus 5th, 2012

        Salamm kenal kang raden singgalang radijaya,tinggal di mana kang..?

      • Amanat dari spa tuch???
        Itu kutipan dr pidato bung karno tuch….hhaahhaahhaa
        Ente minta 10 pemuda yg rela berikan nya demi bela bumi pertiwi, lha qta sudah pilih wakil2 rakyat npa gg mereka ja yg ente pilih.
        Dunia sudah gempar dg bumi pertiwi ini, dengan pemerintahx yg trkorup dn stabilitas keamananx yg makin merosot….

      • Hadi surya
      • Juli 13th, 2012

      ya betul kang,saya juga ngikutin cerita nya di tv,cuma ya begitu saya juga bingung kok cerita dan lakon nya berbeda.

    • Hadi surya
    • Juli 13th, 2012

    wah kayanya kurang satu kang putra – putri hasil perkawinan sribaduga maharaja siliwangi dengan ratu subang larang yaitu : 1.Walang sungsang 2.Rara santang 3. Rajasangara, Pangeran Walang sungsanglah yang menjadikan cikal bakal kerajaan Cirebon Girang lalu diserahkan kepada keponakannya dari Nyimas Rarasantang yaitu Syeh Syarif Hidayatullah.sementara Rajasangara atau Prabu Kiansantang menyebarkan agama Islam hingga ke garut.hampura nuhun

  57. saya pengen tau siapa panglima tertinggi dikerajaan padjajaran,karena setau saya dia lah yg mengasuh prabu kian santang dari kecil.terus saya mau tanya dimana saya bisa dapat buku babad cirebon katanya disitu cerita asli kerajaan padjajaran

      • arifinpadjajaran
      • Agustus 5th, 2012

      Klo ingin tau cerita babad cirebon datang aja ke galur jakpus cari aja sutejo pangkalan ojek apin sbb dia sepuh yg nama aslina sunan bonaang,ki wangsa jayawaardana,pangeran jayakarta.dialah anak asuh syekh abdul qodir jaelani.

    • abdulhafid.bahtiar@yahoo.com
    • Juli 25th, 2012

    Alhamdulillah akhir nya saya tahu juga sejarh beliau tp siapa penerus nya

  58. prabusiliwangi siapa

    • arifinpadjajaran
    • Agustus 5th, 2012

    saya stuju ipunk bahwa nitis itu benar,sbb prabu siliwangi III saat ini pun sudah nitis dengan nama yg sekarang Ahmad Surya Puutra saat ini usianya 3thn 6bln lahir di jakarta skrang tggl di kawalu tasik malaya.menurut sepuh di sanna yg paham bahwa saya adalah adiknya prabu siliwangi III.sy adalah ayah dr A Surya Putra saat ini sy sdng mencari siapa nama sy sebenarnya.mohon klo ada yg paham tolong bantu sy informasinya .berdasrkan pnglman gaib sy ketika rogosukma saat bertmu seorang dia bicara klo sy masih ktrunan kerajaan padjajaran.

    • putra godog
    • Agustus 13th, 2012

    walang sungsang jeung rd kiansantang mah beda aya 2 jlm lain di sakompet daun seureuhkeun.tp wkt jmna walangsungsang,anjeuna nu sok nyaritakeun sejarah kiansantang nu meunang maca dina perpustakaan krjaan pajajaran.jd babadan saha atheuh kiansantang teh.da ngaran kiansantang mah gelar pamere ti akina wkt harita anjeuna parantos ngelehkeun urang china nu bade ngajorag ka nagara sunda sok siah pikiran ku arilaing l;amun ilaing nyaho.ulah sok nyaho.heihei

    • putra godog
    • Agustus 13th, 2012

    arifin pajajaran.mang naon ari hartina siliwangi teh kitu.yeuh ari jlm mah boga jt dirina masing2nitis notos netes anfas tanapas nafas mufus.kabeh eta ngan ukur bahasa.ceuk uing mah jlm paeh nya paeh weuh nu nyaho.iwal alloh nu nyaho mah.mansia mah sok nyanyahoanan.sok tau so nyaho jd ueee kokolot begog.

  59. makin kacau ja ni,,, di awal saya baca kisah kian santang tahun 14xx sedangkan jaman nabi,,,,, di atas terceritakan kiansantang DI BAI’AT oleh rasulullah,,,,,,,,,, maksudnya apaan ni sedangkan di MMCTV kiaansantang berguru kepada sunan kali jaga,,,,,,,, waduh ni cerita eror pa memang sanay yang belum banyak tau nii,,,, tolong dong klo bikin cerita jangan pabelit/ simpangsuir begini. terimis

  60. parah….. inget yang harus di amalin itu ilmu yang bermanfaat bukan ilmu yang sesat… kalo mau ngasih sejarah tuh yang bener… soalnya yang kaga tau jd kebelinger… pantes negara kita bukannya maju… eh.. malah mundur…kl bung karno berkt… bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan akan sejarahnya.. eh… ini… sejarah malah di acak2 huffff…… yah tp bagus jg sh… wangsit or ramalan2 sudah mendekati kenyataan…. yang pinter kebelinger…

    • rizwan
    • Agustus 27th, 2012

    Maaf..walangsungsang itu adalah kakanya nyimas dan kian santang..mereka kan 3 bersudara dari nyai subang larang..sedangkan dari istri lain nya adalah surawisesa..

  61. KNAPA SEJARAH SUNDA SE.OLAH OIAH HANYA LEGENDA YANG TIDA PERNAH ADA BUKTI BAHKAN LETAK TEPAT KERAJA.AN NYA PUN TIDAK ADA YG TAU SMPY SA.AT INI APA MENANG ADA YG
    SENGAJA MENG HILANGKAN BUKTI2 TS.EBUT

  62. Yang bilang Kian santang bertemu Sayyidina ‘Ali Ra.. sy rasa kurang waras cara berfikirnya..
    Kalau di alam mimpi mungkin, hehehe..
    Islam mengajarkan cerdas bukan menanggalkan akal…
    Kalau masih ada yg meyakini Kian Santang bertemu Sayyidina ‘Ali, jelas dia bukan sedang bicarakan Sejarah.. tp keyakinan buta..
    (Maaf saya bicara seperti ini, terpaksa saya lakukan agar tidak terjadi kekacauan Sejarah)

    • rudi
    • September 6th, 2012

    setau saya makam prabu kian santang ada di daerah garut lebih tepat nya di kampung godog…
    alasan saya tau makam beliau karna saya orang garut asli dan ga jauh dari tmpat tinggal saya…

    • zainal perisai diri
    • September 8th, 2012

    mf seribu mf teman2 yang ada di daerah sunda n jawa barat
    bukan orang asli dsn tp hoby belajar ilmu tasawuf dr raden kian santang tapi belaja dari film dan sejarahny karena berguna buat saya sebenarny cakra buana it bukan kian santang tp kakak dr raden kian santang cakra buana yang menceritakan bawa adhe raden kian santang it yang ketanah arap belajar ilmu islam ketemu nabi kita nabi muhammad swt saya mendengar dari asli tasawuf di daerah kaltim khusnya di kabupaten berauk kec tanjung redep beliau bisa menangil orang yang mati kita sering drumah mengangil datu wali yang khususnya datu sambarani datu hamit bambulung dan lain ini kisa nyata saya mau belajar islam dalam diri dan kluarga saya islam
    yang artiny i= iman s= sholat la=allah (keyakinan) m= muhammad
    dan dalam tubuh kita ada rangka sholat mata kiri mata kanan mulut 3 raka”at(sholat magrip hidung lubang 2(dua raka”at sholat subuh) tangan kita sampe ada empat persidihan 4 raka”at (sholat adhar n zhur)
    dan lagi bismilah it artinya ap?secara lisan tulisan mungkin kita tau dengan menyebut allah yang maha pengasih dan penyayang tp siapa yang penyayang dan capa yang maha pengasih sedangkan it 99 sifat allah asma husna ya rahman ya rahin it cuma ada di bumi g ada di hari mahzar nnti dsn cuma penbelasan perbuatan kita di dunia baik dan burukny mf sya hanya bisa sedikit buka ini dan ceramah pda anda smua tp saya hrs mnbrikan sdkt dmi sdkt yang baek kembali lagi ke sejarah raden kian santang musuh buyutany adalah ny nurga yang pengen raden kian santang tdk ada di bumi ini karena nyai nurga bermimpi bahwa raden kian santang yang membunuhnya

  63. maaf nih ikut komen……
    sbenernya kalian jngan terlalu d tanggapi mslh sperti ini
    tpi ada baiknya kita ,meng ngambil hikmah nya ja

    • gibran
    • September 14th, 2012

    maaf sebelumnya min menurut sejarah islam kian santang tidak bertemu dengan rasulullah s.a.w karena kalau kita melihat dari perjalanan rasulullah beliau hanya berumur 63th dan kemungkinan yg ditemuai oleh kian santang tersebut adalah sayidinna ali bin abu thalib thanks
    assalamualaikuum wr.wb

    • Yoga
    • September 17th, 2012

    Maaf jika saya informasikan ini salah… Yang saya tau dari beliaunya… Eyang Walangsungsang/kian santang itu putra bungsu dari dua bersaudara…bapaknya beliau Prabu siliwangi ke 13…. konflik yg terjadi antara beliau sama bapaknya karena beliau mengajak bapaknya masuk Islam tapi bapaknya tidak bersedia dan marah, sehingga bapaknya mengajak duel eyang kian santang… Ibunya sangat bersedih dan berkonsultasi ke penasehat kerajaan pajajaran…akhirnya diputuskan kerajaan pajajaran menghilang sehingga ketika eyang kian santang kembali beliau tidak bisa masuk ke kerajaan….beliau hanya ditemui oleh sang kakak dan dinasehati agar tidak meladeni tantangan sang ayah…. akhirnya beliau minta maaf dan tidak hadir di tempat duel yg telah ditetapkan sang ayah….. dan beliau melanglang buana hingga naik haji…. beliau tidak ada makamnya….beliau meninggal dunia dengan jasad2nya…. itu saya ketahui dari beliau yang sejak januari 2012 (tepatnya wkt IMLEK) beliau diutus prabu siliwangi untuk menjaga saya sekeluarga…….wallahu alam bissawab

  64. cerita ini sangat berarti untuk mengingat sejarah, tp kalau bisa ditulis pula sumber nya, terima kasih

    • Novy K
    • Oktober 1st, 2012

    mau tanya nih mas, ada yang tau tidak sejarahnya Sumantri Karta Wijaya? terimakasih….

  65. kisah kian santang sama dengan syekh panjalu yang sama-sama murid dari syaidina ali padahal murid dari syaidina ali hanya 1 murid di kalangan orang sunda saya tanyakan mana yang benar murid dari syaidina ali

    • ana
    • Oktober 15th, 2012

    niatnya belajar jadi keblinger klo byk versi yg tidak valid begini “_”

    • budak garut
    • Oktober 26th, 2012

    sampurasun..
    sy mau tanya dalam bayak artikel megatakan prabu kiansantang adalah walangsungsanglah,somadullah lah,gagaklumayunglah,yg jelas intinya mengatakan putera sribaduga alias paman sunan gunung jati,td pd artikel di atas di kemukakan bahwa gelar2/nama trsebut bs ada karna tanda lulus ujian,nah sekarang sy mau tanya jika benar cakrabuana atw walangsung sang alias kiansantang,nah dapat dari mana gelar kiansatang itu????????tolong jelas kan??jangan mengarang cerita dusta,jangan mencampur aduk kisah kiansantang dengan cirebon,tidak ada hibungan sama sekali antara kiansantang dgn cirebon,kalo dgn sribaduga memang ada hubungan tapi dgn kiansantang sama selali tidal ada hubungan,cb anda jelas kan asal mula mendapat gelar kiansantang???knp mendapat gelar kiansantang???
    jika anda tidak tau nanti sy jelaskan,
    yg jelas jangan campur adukan kiansantang dengan cirebon,kiansantang bukan cerita cirebon,kiansantang adalah kisah tempo dulu,sblum ada cirebon,dan kisah kiansantang banyak di contek oleh smw lakon dinusantara,tp pelakon asli yg bertemu dgn rosul saw,sayidina aliyy dkk adalah benar kiansantang,dia bertemu secara lahir batin,nyata,dan kiansantanglah yg pertama membawa islam masuk ke negeri dirgantara ini pada abad ke 6,jadi yg membawa islam ke bumi nusantara bukanlah pedagang gujarat,atw para china atw india atw arab,apalagi para walisongo,woali songo hanya meneruskan jejak kiansantang,meneruskan perluasan islam yg dipelopori kiansantang,kitab sejarah kiansantang itulah yg dicuri oleh bangsa2 penjajah,
    jd silahkan dikaji ulang inti nya sy mw bertanya nama atw gelar kiansantang itu didapat dimana??siapa yg memberi gelar kiansantang???hmmm
    wassalam…

    • budak garut
    • Oktober 26th, 2012

    hapunten nu kasuhu
    sampurasun
    simkuring bade timaros upami iei tiasa diwaler ieu tiasa mula tabir simpang siur na kiansantang,hmm
    cacarios nu ayeina samebar di tatar sunda teh insya allah lepat,
    kiansantang teu aya patila patali saren caruban
    mangga bade timaroari jenengan/gelar kiansantang kenging timana?saha numasihan eta geladina peristiwa nanahaon bs aya gelar/jenengan kiansantang teh??
    kan saurna sadaya nami karna ijazah lulus memang leres,tah pertarosan s abdi timana eta gelar kiansantang,saha nu masihan gelar eta?peristiwa naon bet tiasa aya gelar kiansantang??
    paneda diwaler ah,
    wassalam
    budak garut

    • MANARAH
    • November 12th, 2012

    AH…JARERO TEUING………..CARITA ETA JAUH PISAN KAJADIAN MANGRATUS TAHUN KATUKANG…KAHIRUPAN JAMAN HARITA GE LOBA POLITIKNA….CEUK SAHA TUJUAN WALANGSUNGSANG N CREW REK NYEBARKEUN ISLAM? ETAMAH NGAGADEKEUN KAYAKINAN…KEUR NGAREBUT TAHTA KARAJAAN (POLITIK)PAJAJARAN SABAB MANEHNA ANAK SELIR MOAL BISA JADI RAJA….AMEH DIBANTUAN KU PARA WALI MANGRUPA TAKTIK PERANG JEUNG ALAT PERANG. MUNTEU DIBANTUAN KU WALI JEUNG DEMAK MAH MOAL ELEH PAJAJARAN TEH. PUNTEN IEUMAH PENDAPAT KULA.

    • nedo bayanaka
    • November 14th, 2012

    salam likum? maaf mas bukannya banyak persi tetapi jika di satukan menjadi suatu cerita yg lengkap.coba dikaji lagi dari awal perjalanan prabu kian santang sampai akhir.

    • antoniorianda@ymail.com
    • November 25th, 2012

    punten ah ngiringan, anu ngelehken pasukan tang anu nyerang taruma nagara sanes kian santang tapi rara santang hehehe sok ah ameh tambih riet

  66. paiday plem teu

    • Sae Ilham
    • November 30th, 2012

    Maaf saya baru …. ternyata bagus juga ada yg membahas mengenai Prabu Kiansantang dan KSH Qudratulloh dan kelihatannya yg menjelaskan kebanyakan berbahasa sunda. Pertanyaannya: Apa iya sejarah ini diperlukan dan untuk apa..?

    • haris
    • Desember 4th, 2012

    ya makam orng sakti memang banyak
    akan tetapi masih ada kah orng sakty jaman di masa sekarang seperty beliau

  67. sya brsukur atsa adanya info nenek moyang kita.. wslm sumedang

    • Panjalu_Cirebon
    • Desember 5th, 2012

    Seeur nu pinter geuning…atanapi galuminter….:)

  68. kalo peningalan pusaka ny ada dimana ada yg tau gk gan

    • alan
    • Desember 8th, 2012

    mas bisa cari tau g sebenarnya prabu siliwangi agamanya ap

      • Ayahrara
      • Mei 2nd, 2013

      Prabu siliwangi msh menjunjung tinggi agama leluhurnya mas…. Sampe skrg blm muslim tp beliau msh mengawasi anak cucunya…. Klo saya memanggil Beliau dgn sebutan “eyang sinuwun”… (eyangnya sinuwun=kakeknya sinuwun)……..tks

    • alan
    • Desember 8th, 2012

    mas
    saya mau tanya lagi,kian santang bukanya adik ke 2,dr raden walang sungsANG

    • maung
    • Desember 9th, 2012

    ngaaawur….critanya

    • Bg Aya’
    • Desember 10th, 2012

    Hung Ahung…

  69. alhamdulillah aki,nini,raka,teteh,dulur dulur,rai-rai.abdi reues kana perhatosana nu atos naluntik sajarah karuhun karuhun urang sadayana masalah leres sareng henteuna na persi persi sajarah ulah janten tunggul sihungan catang supaan da etamah mung aya perhatosana kanggo nambah wawasan kanggo urang sarerea. ayeunamah urang sasarengan weh digawe rancage nerusken perjuangan karuhun urang anu aya kecap silih asah,asih,asuh masalah jaman ayn langkung seer nungajajah ken wios wh daayenamh tos benten jamana g. anu pentingmah urang sunda hatena baresih silih ajenan kasasama da ari anu jnten amal ibadah urng mh do,a tibatur jang urng jaga jang diaherat hayu urang lempang babarengan bersihken hate tiisken pikiran nupenting hate urang sunda aya dina manahna masing masing. amin
    hapunten bilih ay kecap nukirang merenah kana manah da sadaya jalmimah teluut tina kasalah
    hatur nuhun wasalam.
    rahayu

    • saputra
    • Desember 18th, 2012

    kalau menurut saya, tokoh kian santang adalah cerita yang diambil dari buku yang berada diperpustakaan padjadjaran oleh walasungsang dan tokoh yang sebenarnya adalah prabu syanghyang boros ngora yang merupakan pamannya walasungsang sendiri. yang mempunyai kemiripan dengan cerita hidupnya. ini semua hanyalah imajiner walasungsang dalam menyebarkan dakwahnya.

    • Veni Afriani
    • Desember 22nd, 2012

    Assalamualaikum,,,
    maaf, stahu sya R.WALANGSUNGSANG bkand R.KIAN SANTANG
    Trimksh….

      • dayat
      • November 27th, 2013

      betul WALANGSUNGSANG makamnya di CIREBON GIRANG biasa disebut KYAI KUWU CARBON paman SUNAN G.JATI sedangkan R KIAN SANTANG makamnya di GUNUNG BULISTIR ,GODOG SUCI GARUT setelah memeluk ISLAM kembali ke JAWA bergelar SUNAN ROHMAT masih keluarga PAJAJARAN asli SUNDA,sakitu…

    • Delta_Fox
    • Desember 27th, 2012

    Assllamualaikum dulur sadayana, Insyaallah ikut nimbrung dikit, Kita semua perlu tahu Sejarah daerah masih2 untuk bisa bercerita kepada anak cucu kita kelak, ” Bangsa Yang Besar, Bangsa yang Menghormati Sejarahnya” tetapi yang paling utama “Kenali diri kita sendiri supaya kita tahu Tuhannya” amiin

  70. Sebenarnya kian santang itu walangsungsang apa tidak sih.ada yg mengungkapkan kalau anak prabu siliwangi ada 3.
    kian santang,walangsungsang,lara santang.?
    yg bener mana..?
    tol0ng kejelasannya

    • Assalamu’alaikum kang , Kalau misalnya belum percaya atau ragu seharusnya akang sendiri yang mencari kemantapanya untuk hati akang karna sebuah cerita itu hanyalah dongeng yang nyata ,

      dan satu lagi bila di situ akang ragu akan Kian Santang dan walangsungsang berfikirlah bahwa Allah SWT. maha pengasih dan maha menghendaki , Dan itu semua sudah kehendak yang dikasih Allah SWT. Amin

      Mudah”an dengan ini akang akan tidak ragu akan kehendaknya aminn.

    • dany
    • Januari 22nd, 2013

    asslmmkm.>ane dany bang cuma mau gabung aje, ane paling suka dgn yg namenya cerita>>> ini dan itukaga ada salah nya kita meperdebatkan smuanya >>>1 harapan ane kalo bs smua begabung sama ber do,a bareng buat almarhum karna allmarhum orang soleh insya alloh kita berdo,a buat dia do,a kita d bantu pula d smpaikan sm yg maha kuasa>>>>>amin

  71. Bisa saja benar cerita itu, krna sama dngan halnya cerita itu ada kisah padang karbala dmna kisah padang karbala menceritakan bahwa Imam Husen pergi perang di padang karbala, beliau berpamit kepada Nabi dan Ali. . .
    Nah, coba kita lihat kmbali antara zamannya Nabi, zamannya Ali menjdi khalifah dan kisah wafatnya Imam Husen di padang karbala. . .
    Jangankan zamannya Rasulullah atw Sayyidina Ali mnjdi khalifah. . . .
    Kisah padang karbala aja setelah wafatnya khalifah terakhir yaitu Imam Hasan. . .
    Apalagi zamannya Rasulullah dan Ali bin Abu Thalib. . .
    Dri kisah itu bisa saja Raden Kian Santang ataupun Prabu Siliwangi bertemu dngan Sayidina Ali Bin Abu Thalib atas izin Allah Azza Wajallah. . .

  72. Setau yang saya dalami , semua itu adalah kehendak Allah SWT . yang sedang menunjukan kekuasaannya melalui Memperkenalkan islam di indonesia , Biarpun Sayyidina Alli itu mempunyai Perbedaan masa dan waktu dalam kehidupan di masa kian santang , Tetapi lewat kehendak Allah SWT . semua itu hanyalah hal yang mudah ,

    ingatlah kang manusia punya batas pikiran masing” percayalah dengan Allah SWT. karna dia maha dari segala maha , yang Mampu berkehendak kapan saja dia mau

    Sekali lagi maaf bukan bermaksud menggurui atau menasehati
    tidak ada salahnya sesama mahkluk hidup kita menyarani dan menyalurkan kejalan yang benar Amiin .

  73. mencari siapa sebenarnya,dan dmn makom asli prabu kiansantang,pasti mwl kapendak kang,da ngawitana tos ngolewang,da prabu kiansantang mah sanes putra si baduga atw amang na sunan gunung jati,tah didinya letak lepat na sejarah kiansantang mah,jd ugil2 an ge mwl nyambung mwl kapendak upami ngindukna kana sejarah etamah,da etamah sejarah rekaan meh rame,meh majukeun hiji kaum/golongan/daerah,da prabu kiansantangmah sa acan sribaduga ge parantos aya,sejarah kiansantang ngudag2 siliwangi teh hasil tina politik adu domba walanda,hmm deudeuh teuing urg sunda bet bs dibobodo ku weweleuk haram walanda,pamugia ki sunda teh gera saladar/tos di bobodo ku walanda,naha bet lewih percaya ka penjajah batan ka karuhun sorangan????
    tur nuhun

  74. How long did it take you to create “Dimanakah Makam Prabu Kian Santang?
    eevooi’s blog”? It offers an awful lot of decent information. Thx -Hung

  75. Kian Santang Bergelar Raja sangara atau sunan rohmat hasil dari perkawinan Sri Baduga Maharaja dan Nyi Subang LARANG…” BAHWA KIANSANTANG INGIN AYAHNYA MEMELUK ISLAM KARENA Kian Santang beragama islam dan Keberadaan Sri Baduga Maharaja Jayadewata menghilang dan ada seekor macan harimau yang dikira kiansantang adalah ayahandanya,,, begituceritanya

  76. sebanarnya makam kiansantang ada di garut,,,,,,

    • Ayahrara
    • Mei 2nd, 2013

    Assalamualaium wr,wb….. Punten ka sadayana……. Menurut apa yg saya alami eyang walangsungsang dgn eyang kian santang itu 2 org yg berbeda makam eyang walangsungsang berada di gunung jati sdg kan makam eyang kian santang berada di godog garut tetapi Beliau mempunyai peliharaan yg sama yaitu macan kumbang…. Dan juga utk admin saya minta tlg sampaikan buat semua juru kunci eyang godog klo tawasul di tempat eyang godog jgn suka pake bakar menyan segala karena eyang tdk suka dgn yg begituan….. Terimakasih sebelumnya.. Wassalam….

    • Rakyat Jelata
    • Mei 25th, 2013

    semua catatan sejarah yang ada sampai sekarang semuanya masih ditutupi oleh karuhun urang sadaya
    yang ada tuh sekarang hanya sebagai pelajaran dan sejarah

    jika aslinya berbeda jauh semua,.,.,.kenapa karena bangsa Gaib memegang teguh amanat dari penciptanya,.,..,.,..,.,.

    setau saya ruh2 para raja atau wali yang bagus-bagus itu masih berdiam disuatu alam kalau kita sebut alam kasucian bukan alam suci
    mereka semua masih mempunyai tugas untuk memelihara alam dunia dan seisinya. jika tidak pasti alam ini akan mengamuk karena ulah manusia contoh lumpur sidoarjo.

    insyaAllah jika Allah menghendaki jika URANG SUNDA yang menjadi presiden Negara Indonesia akan tenteram dan sentosa negeri tercinta ini

    2022 akan muncul seorang pemimpin yang membawa kemalmuran bagi Rakyat Indonesia URANG Sunda karen dulu asal muasal tersebarnya raja2 di pulau jawa dan sekitarnya adalah turunnya PA Sunda di ujung kulon a.k.a Sanghiyang Sirah

    umur sama panjang kita akan saksikan

    Hatur Nuhun

    • deni ismail
    • Mei 30th, 2013

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Salam kenal, terimakasih infonya semoga menjadi ilmu Ɣªήğ manfaat utk semuanya, namun sebelumnya mohon maaf ada sedikit perbedaan Ɣªήğ saya temukan dan saya yakini mengenai dimana makam prabu kian santang dan hubungan persaudaraannya,

    Setahu Ɣªήğ saya dpt, makam prabu kian santang bertepat digodog suci wanaraja garut, adapun tmpt2 lain hanyalah sbgi petilasan2nya sprti Ɣªήğ di Sancang-pamempek-garut dg nama KH. Pandita Rukmantara., dan setahu saya tdk ada makam digunung jati atw pasambangan Ɣªήğ diceritakan sbgi makam beliau, lebih detailnya bisa ditanya ke Elang buat(slh 1 keturunan kraton kanoman), prabu kian santang masih bersaudara dg p.cakrabuana dan nyai rara santang, namun kian santang lahir dari ibu Ɣªήğ bukan beragama islam sehingga beliau tau islam ketika bertemu dg sayyidina Ali, adapun yang dari ibu/sumbang larang (putri syeck quro) adalah pangeran cakrabuana dan rara santang/syarifah mudda’im ibu dari syech syarif hidayatillah dan syarif abdillah (Ɣªήğ meneruskan kerajaan ditanah arab).
    Trmksh jika terbaca dan semoga menjadi shearing Ɣªήğ bermnfaat, adapun jika bpk masih mencari detai sejarahnya bisa sy hubungkan dg sumbernya dicirebon, hubungi aja sy via FB : adina_lampard@yahoo.com dg user name Denny Ismail.

    • deni ismail
    • Mei 30th, 2013

    Maaf untuk komentar saya sendiri saya tambahkan, brabu siliwangi semenjak menikahi putri syeck quro beliau masuk agama islam, dan keluar ͪğï dari islam setelah istrinya (putri syeck quro) wafat. Setelah istrinya wafat dan prabu siliwangi keluar dari agama islam maka pangeran cakrabuana kabur/keluar dari istana untuk mencari kebenaran agama (yaitu islam) krna beliau dari sejak kecil sudah islam, namun ketika kufurnya prabu siliwangi iman Йÿ̲̣̣̣̥ª menjadi goyah maka dari itu keluar dari istana, singkat kata sampai lah dicaruban(skrg cirebon) dan bertemu syeck datuk kahfi, tempat pertama singgahnya cakrabuana dicirebon yaitu di balong biru daerah sumber-cirebon, adapun rara santang suka mimpi bertemu dengan rosululloh Ɣªήğ akhirnya keluar juga dari istana mencari jawaban mimpinya sambil menyusul/mencari kakaknya (cakrabuana) Ɣªήğ akhirnya bertemu dicaruban dan atas anjuran syeck datuk kahfi supaya rara santang berangkat ke makkah untuk mencari jawaban mimpinya itu, singkat kata Ɣªήğ akhirnya dimekkah bertemu dg seorang raja yaitu syeck abdullah dan mempunyai 2 keturunan yaitu : 1. Syeck syarif hidayatillah Ɣªήğ sblmnya akan dinobatkan pewaris tahta kerajaan ayahnya di arab saudi namun beliau memilih untuk napak tilas sejarah ibundanya (syarifah mudda’im) Ɣªήğ akhirnya menjadi raja dicirebon, 2. Syeck syarif abdillah sebagai penggantinya untuk menjadi pewaris tahta kerajaan di tanah arab.

    Masih banyak ͪğï sejarah Ɣªήğ harus kita ungkap sehingga publik mengerti tujuan para leluhur kita untuk apa maksud terciptanya budaya2 indonesia. Hatur nuhun.

    • Rakyat Jelata
    • Mei 31st, 2013

    Salam kenal juga gan
    sepengalaman saya berdialog dengan Bangsa Gaib tersebut sejarah yang tertulis dengan Fakta dahulu semasa mereka hidup berbeda 180 derajat
    sepengamalan saya.,,.,.,.sejarah yang anda jelaskan memang tercantum dalam buku2 sejarah baheula mungkin tapi untuk siliwangi yang keluar dari islam saya kurang setuju

    contoh Tokoh gaib Prabu siliwangi Sri Baduga Maharaja beliau mengaku sudahg masuk islam secara tersembunyi agar tidak menimbulkan kepanikan diantara para Punggawa Patih kerajaan Secara garis keturunan semua masih satu Keturunan dari sanghyang sirah

    jika untuk dibeberkan tokoh2 gaib itu amat sangat banyak nama2 nya gan
    seperti tadi malam jumat malam untuk Mbah Kuwu sangkan Hurip aja santrinya banyak gan tokoh2 gaibnya pun banyak dan bukan yang tertulis disejarah kitab2 baheula ini saya alami dan saya bertemu dengan beliau dalam keadaan sadar lbeih tepatnya daerahnya pantai dicirebon saya enggak tau tempatnya ciri2 ada pohon kelapa 2 tidak berbuah dan ada lubang akar kecil dari situlah saya masuk dan bertemu santri2 beliau diajak oleh beliau

    basa sundanya paralun

    untuk sejarah yang ditulis itu masih kebanyakan misteri. yang masih akan ditutupi oleh hijab Gaib
    dan Nyawa nya dunia adalah diindonesia pusatnya Jawa barat .,,.,.,.
    entah kapan yang saya percayai Indonesia akan menjadi Bangsa yang Besar disegani lawan maupun Kawan maaf jika saya sok tahu coz ilmu yang kita miliki ini hanya bagaikan setetes air dilautan yang luas

    wassalam.,..,.,,.,.

    • purnomo sidi
    • Juni 4th, 2013

    Assalamu’alaikum……

    Untuk semua yang bisa menembus rasa maha batin, saya minta tolong untuk dapat melihat sejatinya seorang hamba Allah yang bernama Muhammad Bima Yakti bin Srijanto Prono…

    Mohon kejujurannya saat melihat sejatina beliau, apakah benar sudah mendapatkan amanah?

    Terima kasih sebelumnya.

    Wa’alaikumsalam

    • Shifah Anggraini
    • Juni 11th, 2013

    Assalamualaikum..

    Benarkah Sribaduga Prabu Siliwangi beragama Islam ketika menikahi nyi Subang Larang..??

      • Rakyat
      • Juni 11th, 2013

      betul beliau memeluk islam semenjak menikah dengan nyi subang larang ,..,,.,..,.,.,.,

      peristiwa sejarah yang terjadi di jawa barat sangat sedikit bukti untuk membuktikan itu semua.
      karena karuhun leluhur di jawa barat semua yg terjadi dimasa lalu itu tidak terungkap secara sempurna oleh kita alasannya simpel

      kepada mas purnomo
      jika menurut saya kita semua mendapatkan amanah dari Allaa SWT dari semenjak lahir

      tapi jika amanat mungkin lain lagi ceritanya ,..,
      kenapa.,,.,.
      orang yang berlabel amanat bisa dicirikan dengan ucapan tekad dan lampah

      jika dia bertujuan mulia maka dia benar orang amanat leluhur

      jika kurang mohon ditambahkan.,.,.,

      wasslam

      semakin kita mengetahui sejarah leluhur secara menyeluruh akan menimbulkan kesombongan pada diri kita sebagai keturunannya,..,.,.,
      tahu sejarah baheula berarti tau akan kemana indonesia ini nantinya .,.,.,.,.,.,.,.,.,.,., apalgi secara menyeluruh

  77. apakah sa,at itu prabu siliwangi menjadi pemegang agama islam
    tanks

  78. Hapunten kang,,,
    lamun ceuk abdi mah kanu aya na prbu sili wangi mah kudu percya teu percya,,,
    soal na arii percya da aya patilasan sejarah na,,,
    ari teu percya na da simkurng dulur kabeh sadaya na can ngalaman jeung nyaksian hirup d jaman baheula jeung tinu carita nage loba anu teu ka unggkp,,,,
    nu pentng mah cukup mengenal saja wh,,,,
    hiji deui nu pentng mah urng kudu nga jalan keun perntah allah nu gs puguh ku urng ku di jalan keun,,,

  79. SAYA MEMANG AGGAK BINGUNG APA MEMANG BENAR KIANSANTANG ITU MURID SAYIDINA ALI…TAPI BAGI ALLOH TIDAK ADA YANG MUSThil kalau alloh sudah berkehendak…

  80. dan kalau memang kiansantang itu sakti saya percaya….dan itulah kenapa dia menjadi inspirasi orang jawa barat…

  81. akulah kiansantang

    • Julfikar Brata atmaja
    • Juli 28th, 2013

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Klaw d sukabumi sjarah nya raden prabu surya diningrat ,emang ada,tlong ksih jwban nya. .
    Thank

    • padepokan macan telaga merah
    • Agustus 20th, 2013

    alhamdulillah kami tau kang, baru saja kemarin kami dan pengurus berziarah ke makam beliau, dunia akhirat kami berani jamin keaslian makam beliau.. hubungi saja Ibu Dewi Ratu Intan Sari 081220557977

  82. subhanallah, smog a kits nanti tahu cerita / sejarahnya secara outentik Dari Allah, insyaallah. amin….

    • yogie.
    • Agustus 27th, 2013

    Pertanyaan,,?
    Apakah d daerah palabuhan ratu, ada tempat sebagai petilasan perabu kian santang,,??

  83. apakah parabu siliwangi di keburkan di kaki gunung salak

  84. tau sangiang sirah gk gan.tepatnya d taman nadional ujungkulon (ujung pulau jawa)…d situ juga da kuburan yg diyakini kuburan kian santang n banyak artikel yg menceritakan sejarahnya d intrnet…jd bingung he he

    • amy
    • Oktober 24th, 2013

    coba nanti aku tanyain om ku yaa,,soalnya om ku penulis sinetron Kian santang.. :-)

    • surya nata atmaja
    • November 20th, 2013

    wahhh,khs qudratullah dulu suka datang k daerah saya

  85. alhamdulillah ya allah, nmor togel dari AKI_KERAMAT bner2 tembus 100% yaitu 4D SGP Kini nasib sya bner2 berubah setelah mendapatkan angka ritual dari AKI_KERAMAT, angka ritual AKI_KERAMAT bener tembus 100% & tidak sia-sia saya membayar maharnya untuk 4d. Mau seperti saya, silakan bergabung dengan AKI_RERAMAT Insyallah AKI_KERAMAT akan membatu anda sesuai apa yg disampaikan mbah. Silakan anda hubungi AKI_KERAMAT di 082-353-285-559

  86. anda salah sebenarnya kian santang dengan pangeran cakrabuana itu berbeda. saya mau nanya kalo prabu kian santang lahir tahun 1423 kapankah ayahnya (prabu siliwangi) lahir?

  87. Uawww

    • setiawan
    • Desember 26th, 2013

    Carita teh baca heula atuh lalakona nu bener geura abeh puguh,
    nyaeta “gagak lumayung” pasti ngarti !!! kang awan di kahuripan

    • heri
    • Januari 3rd, 2014

    Kabeh ngan khayalan, euweuh anu bisa dibuktikeun, maklum ngarana ge mitos !!!!

  88. This is the right webpage for everyone who wants to
    understand this topic. You know so much its almost hard to argue with you (not that I actually will
    need to…HaHa). You certainly put a fresh spin on a subject which has
    been discussed for decades. Great stuff, just excellent!

  89. Assalamualaikum Wr.Wb.Kanggo dulur-dulur sadayana manawi aya guna sareng mamfaatna,simkuring ngiring jabung tumalapung ngariung .Pamugi dulur sadaya paham yen perkawis makam sareng kuburan itu benten pisan.Makam atanapi sering disebat makom identik sareng patapakan atanapi patilasan hiji tokoh ,kanggo mieling kana jasa eta tokoh masyarakat di damel makam .dina jero makam eta teu aya naon-naon .Benten dewui sareng kuburan,upami kuburan memang aya jasad nu dikubur . Tina ureyan ieu pribados ngaluruskan perkawis makam kian santang memang aya di mana-mana margina pa sundan dina waktos eta nepi ka Purwokerto.Raden kian Santang ngumbara ka sakabeh daerah karajaan Pajajaran mungkin sampai bates Pasunda nyaeta Purwokerto di satiap tempat anu disinggahan Raden Kiansantang nanem kabajikan teras ku masyarakat digawe makam pikeun mengenang jasana.Dupi perjalanan Kiansantang tiap tempat singgah gentos nami misalna bae Syeh Nurjati,Keyai Jambe Pitu,Ki Gede Mangun Tafa nu ngalahkan ilmu hitam di Gunung Ciremai,Eyang Semar,Ki Lintang,Kayai Abdul Jalil, jeung reana deui.Upami kuburanana sampe danget ieu teu acan nu uninga di mana kuburan Raden Kian santang.nu aya mungsaukur makam.hatur nuhun

  90. wah ternyata kisah sejarah prabu kian santang cukup panjang juga ya mas. Terimakasih sudah share informasi menarik :)

    • Ranjava
    • April 1st, 2014

    InsyaAllah sosok beliau memang pernah ada beliau adalah putera dari raja kerajaan sunda yang pernah ada, beliau selalu di lindungi oleh leluhur dari garis harimau(putih) dan macan (kumbang) yang sudah ada sejak peradaban sunda di kendalikan oleh orang-orang dari India. Tidak penting dimana jasad beliau dimakamkan karena beliau juga tidak ingin makamnya di ziarahi yang akhirnya cenderung ke bid’ah atau musyrik. Sesungguhnya beliau adalah muslim. Biasanya beliau hadir melalui mimpi atau memberi syarat dengan memberitahukan makamnya untuk menumbuhkan spirit bagi yang menerima mimpi untuk menyampaikan bahwa ybs adalah masih dalam perlindungannya karena masih dalam garis keturunannya tentu atas kuasa-Nya. Beliau tidak pernah meminta balasan baik minyak wangi ataupun menyan..yang beliau butuhkan hanyalah doa.karena dengan melindungi keturunannya berarti beliau telah berbuat baik yang insyaAllah dapat mengembalikan hakekat kemanusiaan-nya daripada keharimauan-nya (Darah keilmuan harimau-memang sudah diwarisi oleh beliau sejak keturunan-keturunan terdahulu). …Walahualam bissawab.

  91. Subhanallah,,

    • Mohammad Luthvianto
    • Mei 4th, 2014

    Alī bin Abī Thālib ‎ (lahir sekitar 13 Rajab 23 Pra Hijriah/599 M – wafat 21 Ramadan 40 Hijriah/661 sedangkan kakak dari kian santan Nyai Rara Santang atau Nyai Hajjah Syarifah Mudhaim lahir sekitar tahun 1426 M sepertinya ada kejanggalan kalau kian santan bertemu dengana sayyidina Ali RA

  92. trims. .atas info,smg menambah wawasan bg para pembaca

  93. yang jelas dan pasti makam mbah kuwu sangkan cirebon girang/prabu kian santang ada di cirebon.!!

  94. assalamu a’laikum sampurasun abdi linggih ti sumedang jwa barat(saya tinggal d sumedang jawa barat) saya sarankan biar lebih jelas datang ke museum pajajaran dan perihal keluarga perabu siliwangi tanya lah pada juru kunci nya, saya ada yg tau sih tentang sejarah bandung pajajaran ith juga dari ibu nya nenek saya yg berumur 96 tapi sekarang udah almarhu. dari pada salah mending datang ajj ke kadipaten pajajaran, makasih wassalamuala’ikum

  95. When I originally commented I appear to have clicked on tthe -Notify me when new comments are added- checkbox and now eaqch time a comment is added I
    receive four emails wjth the exact same comment.
    Perhaps there is an easy method you are able to remove me from thawt service?
    Appreciate it!

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: